MaduraExpose.com- Bertempat dilapangan Kecamatan Gayam Sapudi, Dinas Peternakan Kabupaten Sumenep menggelar Kontes Sapi Sapudi selama dua hari pada, Sabtu – minggu ( 26 – 27 / 10 ).

MADURA EXPOSE, MENGAWAL KEPASTIAN HUKUM

Kontes Sapi yang digelar dipulau Sapudi ini adalah dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Sumenep yang ke – 745.

Acara kontes Sapi Sapudi mengudang perhatian banyak pihak mulai tingkat Pusat, Propinsi Jawatimur dan Pemerintah Kabupaten Sumenep. Antaranya adalah, Direktur Pembibitan Peternakan Kementerian Pertanian dan tanaman pangan, Ir. H. Abubakar, SE, MM.

Bersama tim, Kepala Dinas Peternakan Propinsi Jawatimur yang diwakili Kepala bidang Budidaya ternak dan Hewan lainnya, Ir. M. Tjahjono, SK, MM, bersama tim. Balai besar inseminasi buatan singosari, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institute Pertanian Bodor, Balai Inseminasi Buatan Singosari Pasuruan.

Menurut Kepala Dinas Peternakan Propinsi Jawatimur melalui Kepala bidang budidaya pengembangan ternak dan Hewan lainnya, Ir. M. Tjahjono, SK, MM. Menyampaikan, kegiatan kontes sapi yang digelar dipulau Sapudi adalah merupakan perekat antara peternak dan Pemerintah, perekat antara sesama peternak untuk saling bersinergi satu sama lainnya seperti bertukar pengalaman dalam beternak.

“Melalui kegiatan kontes ternak ini di harapkan dapat memberikan motivasi kepada masyarakat untuk mengembangkan budidaya peternakan khususnya sapi Pulau Sapudi yang terkenal paling banyak di Indonesia sebagai usaha agribisnis yang patut di perhitungkan dan bukan hanya sebagai usaha sampingan”, jelas M. Tjahjono.

Menurutnya, Kabupaten Sumenep merupakan salah satu Kabupaten di jawatimur yang mempunyai populasi ternak sapi sangat padat di Indonesia.

Pihaknya juga mengharaapkan agar masyarakat Kabupaten Sumenep khususnya peternak sapi Sapudi agar berjalan beriringan dan menyatukan pemahaman dengan pihak terkait agar peningkatan ekonomi dan peningkatan taraf hidup melalui pembangunan di sektor peternakan dapat diwujudkan.

Menurut Tjahjono, Kabupaten Sumenep saat ini memiliki potensi sector peternakan ada tiga hewan ternak yang sudah menjadi icon Sumenep. di antaranya adalah sapi Sapudi, ayam Gaok domba ekor gemuk ( domba Sapudi ) Ketiga jenis ternak tersebut sama-sama memiliki potensi yang sangat luar biasa untuk dikembangkan.

“Saya bangga atas sinergi Pemerintah Propinsi Jawatimur melalui Dinas Peternakan dengan Pemerintah daerah Kabupaten/ kota dalam hal ini Kabupaten Sumenep yang aktif dalam mengembangkan sektor peternakan. Selamat atas pelaksanaan kontes Sapi Sapudi, semoga kedepan masyarakat peternak lebih bergairah lagi dalam mengembangkan potensi ternaknya. Ir. Moh. Tjahyono, SK, MSi

Arief Rusdi, MSi Kepala dinas Peternakan Kabupaten Sumenep menyampaikan, Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah sebagai ajang promosi Sapi madura yang ada di pulau Sapudi.

Selain itu tujuannya adalah untuk memperkuat pulau Sapudi sebagai Centra Sapi Madura dan sebagai Icon Sapi Nasional. sebagai ajang silaturrahmi antar Peternak, yang didalamnya ada dialog dan tukar pengalaman sesama peternak. Memotivasi masyarakat agar senantiasa memelihara ternak dengan baik Dan sehat.

Peserta kontes terdiri dari 120 peserta dengan hasil seleksi berjumlah 75 peserta dengan Juri kontes berasal dari Dinas Peternakan Propinsi Jawa timur. Balai inseminasi singosari pasuruan, serta Tim dari dinas peternakan kabupaten Sumenep.
( An/brt5 )