Scroll untuk baca artikel
Hot Expose

Mahfud Dilaporkan ke Bawaslu karena Diduga Curi Start Kampanye

Avatar photo
610
×

Mahfud Dilaporkan ke Bawaslu karena Diduga Curi Start Kampanye

Sebarkan artikel ini

Maduraexpose.com– Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI atas dugaan kampanye colongan atau curi start kampanye. Pelaporan ini berkaitan dengan aksi Mahfud foto bersama pilot Garuda dengan pose tiga jari, lalu diunggah di akun Instagram pribadinya.

Pelapor adalah kelompok yang menamakan diri Advokat Pengawas Pemilu, yang sengaja mereka singkat menjadi Awaslu. Laporan dibuat atas nama Muhammad Mu’alimin, perwakilan Awaslu, di Kantor Bawaslu RI, Jakarta Pusat, Selasa (21/11/2023).

“Kami menduga Mahfud MD telah mencuri start kampanye karena dia mengajak dua pilot Garuda berpose menggunakan jari tiga berdiri,” kata Mu’alimin kepada wartawan usai membuat laporan.

Mu’alimin mengatakan, foto pose tiga jari yang diunggah Mahfud itu telah dilihat jutaan orang. Pihaknya menduga cawapres pendamping Ganjar Pranowo itu telah curi start kampanye karena berfoto dengan pose tiga jari yang merupakan citra dirinya, yaitu nomor urut 3, lalu menyebar luaskan potret tersebut.

“Ini belum waktu kampanye. Kenapa ada calon wakil presiden menurut kami kampanye,” ujarnya. Sebagai catatan, masa kampanye baru akan dimulai pekan depan, tepatnya pada 28 November 2033.

Selain itu, Mu’alimin membuat laporan karena Mahfud berfoto dengan pilot dan kopilot maskapai Garuda yang merupakan perusahaan BUMN. Menurut dia, pekerja Garuda Indonesia tidak boleh memihak kepada salah satu kandidat.

Bawaslu, kata Mu’alimin, menduga tindakan Mahfud itu melanggar Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilu. Pihaknya meminta Bawaslu serius menindak dugaan pelanggaran ini meski Mahfud adalah Menko Polhukam.

------------------------