Mahasiswa TI Akademi Komunitas Negeri Sumenep Ikuti Ujian Online

0
1357

Arda#Arda Gusema Fardiansyah, Dosen Akademi Komunitas Negeri Sumenep (Dok/facebook)

Sumenep (MaduraExpose.com)- Untuk yang pertama kalinya, Akademi Komunitas Negeri (AKN) Sumenep bekerjasama dengan AKN Ponorogo, AKN Pacitan dan AKN Lamongan, menggelar ujian online (OL) untuk seluruh mahasiswa bidang Teknologi-Informasi (TI).

Ujian Online tersebut dilakukan untuk menguji kapasitas keilmuan para mahasiswa yang menimba pendidikan sejak awal hingga lulus.

“Ujian Online itu merupakan standarisasi keahlian, untuk mahasiswa bidang TI. Sudah biasa, karena dapat sertifikat keahlian dari perusahaan swasta yang mewajibkan (memprioritaskan, Red) karyawan yang memiliki sertifikat”, ujar Arda Gusema Fardiansyah, salah satu dosen ahli di Akademi Komunitas Negeri Sumenep kepada MaduraExpose.com, Senin (1/9/2014) .

Perempuan cantik berkacamata ini menambahkan, mahasiswa yang berbekal kemampuan TI sekaligus memiliki sertifikat Ujian Online, dimungkinkan lebih siap menghadapi dunia kerja nyata. Karena tidak menutup kemungkinan, bagi perusahaan swasta, lulusan TI yang bersertifikat akan lebih mudah mendapatkan peluang kerja.

“Sebagai bekal anak-anak komunitas menuju dunia kerja. Kalau lulus ujian kompetensi dianggap layak lulus karena mahasiswa keluar dari AK minimal menguasai salah satu aplikasi semisal oracle , java programming atau jaringan”, imbuhnya.

Arda juga merinci, materi soal dalam ujian online bagi mahasiswa TI di Akademi Komunitas Negri Sumenep bersentuhan dengan dunia kerja.

“Perusahaan software semisal java dari sun microsystem misalnya. Jadi, Nanti akan dapat sertifikat dari para pemilik perusahaan”, pungkasnya pada MaduraExpose.com. (Khaz/Fer)