Sumenep (MaduraExpose.com)– Untuk meningkatkan peran Babinsa yang optimal maka diperlukan tingkat kesadaran masyarakat dalam mendukungnya, karena bagaimanapun baiknya program yang dilakukan oleh Babinsa tanpa didukung dengan tingkat kesadaran masyarakat, maka pelaksanaan tugas tersebut akan mengalami hambatan.

Oleh karena itu desa-desa yang ada harus perlu dioptimalkan dengan peran Babinsa yang terkait dengan pembinaan pada masyarakat dalam menciptakan sistem keamanan lingkungan yang nyaman, serta aman dari berbagai gangguan.

Pada kali ini yang dikerjakan oleh Babinsa 0827/19 Sapeken Sertu Isugianto melalui Komunikasi Sosialnya (Komsos) dengan Bapak Suyudi yaitu membantu warga binaanya menjaga tanaman jagung yang sering rusak dikarenakan hama liar yaitu kera dan babi hutan. Lahan jagung milik Suyudi tersebut bertempat di Dusun Panempan Desa Saseel Kecamatan Sapeken Kabupaten Sumenep. Madura-Jawa Timur. Senin, (12/3)2018).

“Menjaga tanaman jagung ini selalu saya lakukan Pak Babinsa dengan harapan pada saat panen nantinya tidak rugi, ni sampai-sampai saya bawakan senapan angin untuk mengusir kera maupun babi hutan”, kata Suyudi.

Dengan memonitoring tanaman jagung di Desa Saseel Kecamatan Sapeken sebagai apresiasi tindakan percontohan oleh Babinsa kepada masyarakat setempat. Dalam kegiatan yang dimaksud disamping membantu mengusir kera atapun babi hutan juga untuk mengetahui perkembangan dan kesuburan tanaman jagung. “kata Sertu Isugianto”.

Komando Koramil Kapten Inf. Sutrisno juga mengatakan dengan berfungsinya peran Babinsa secara optimal maka diharapkan akan mampu menciptakan sistem secara terkendali yang bebas dari gangguan kera atapun babi hutan dengan harapan cepat tercapainya swasembada pangan nasional nantinya.

Oleh karena itu, dukungan penuh dari masyarakat harus kuat dalam mengatasi gangguan pada tanaman jagung khususnya. karena lemahnya dukungan masyarakat akan mempengaruhi pelaksanaan tugas Babinsa dalam menjaga membantu warga dimasyarakat. “kata Danramil”.

HotNews:  Serda Sutomo Babinsa 0827/01 Silaturahmi Dengan Perangkat Desa Pamolokan

(sur/fer)