Komisi I DPRD Sumenep Siap Kawal Dana Desa

0
638
A.Hamid Ali Munir, Wakil Ketua Komisi I DPRD Sumenep/Ist.

MADURAEXPOSE.COM–Belakangan ini realisasi Dana Desa (DD) di seumlah desa dikeluhkan banyak kalangan karena terindikasi banyak pelanggaran dan tidak sesuai dengan besaran dana yang dialokasikan.

Menyikapi hal tersebut, membuat Komisi I DPRD Sumenep turun tangan dan sempa inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah Desa dan kecamatan. Sayangnya, upaya wakil rakyat belum membuahkan hasil, karena kepala desa yang kebetulan disidak tidak ada.

Namun hal itu tidak menyurutkan semangat para legislator untuk terus melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Dana Desa yang nilainya mencapai miliaran rupiah. Beberapa desa yang telah dilakukan sidak antara lain Desa cangkreng, Kecamatan Lenteng Sumenep, Madura, Jawa Timur.

“Sidak yang kami lakukan ke beberapa desa dan kecamatan ini berdasarkan laporan masyarakat. Dengan pengawasan seperti ini, demi melihat langsung pengelolaan DD dan ADD di sejumlah desa yang teridikasi bermasalah,”ujar A.Hamid Ali Munir, Wakil Ketua Komisi I DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur kepada awak media.

Politisi PKB ini menambahkan, sidak yang dilakukan pihaknya selama ini, sebagai tindak lanjut dari laporan masyarakat yang menemukan adanya pelaksanaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2016 yang semraut.

Hamid yang sudah tiga priode menjadi anggota dewan ini menambahkan, selain menyoroti pelaksanaan DD dan ADD, pihaknya juga menyoroti banyaknya balai desa yang tidak difungsikan.

“Kami juga menyayangkan banyaknya balai desa yang tidak difungsikan oleh pihak aparat desa,”pungkasnya. [Fery/***]