Sumenep (MaduraExpose.com)- Uji Terampil Perorangan (UTP) merupakan bagian dari latihan dalam satuan yang bertujuan untuk menjaga dan memelihara keterampilan dasar prajurit sesuai dengan tingkat keterampilan berdasar jenjang pangkat dan tugas pokoknya. Selasa, (27/2/2018).

Dalam keteranganya yang disampaikan oleh Komandan Kodim 0827 Sumenep Letkol Inf. Ato Sudiatna melalui Pasiopsdim Kapten Inf. Sarkun menyampaikan, bahwa Program Pembinaan Latihan pada Program Kerja 2018 ini di arahkan untuk meningkatkan kemampuan Prajurit Jajaran Kodim 0827/Sumenep secara perorangan maupun Satuan sesuai bidang guna mencapai standart kemampuan sehingga dapat menunjang tugas pokok Kodim yang dilaksanakan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut sesuai dengan siklus latihan.

Dengan Uji Terampil Perorangan (UTP) ini maka setiap perorangan yaitu Prajurit diharapkan dapat diketahui secara pasti atas pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki oleh prajurit tersebut sesuai dengan Pangkat yang disandang. “jelas Dandim”

Dalam rangka kegiatan Uji Tranpil Perorangan (UTP) Umum Tahun 2018, pada pelaksanaannya Pembukaan dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola depan Koramil 0827/03 Manding Kecamatan Manding Kabupaten Sukenep. Madura-Jawa Timur.

Kasdim Mayor Arm. Budi Susilo Wibowo selaku Wakil Pimpinan Umum Latihan pada saat membuka Uji Trampil Perorangan (UTP) Umum menjelaskan bahwa UTP Umum ini merupakan hal yang wajib diikuti oleh seluruh personel militer yang sesuai dengan tingkat keterampilan untuk kepentingan pembinaan personel dan pembinaan latihan.

Kasdim menambahkan, disamping Latihan Spesialisasi Jabatan Militer, salah satu perangkat kendali pembinaan kemampuan perorangan yang penting adalah Uji Terampil Perorangan Umum. “Dan kegiatan Latihan ini adalah merupakan program rutin yang harus dilaksanakan setiap tahun, namun bukan berarti bahwa Latihan hanya bersifat seremonial semata. “kata Kasdim”.

MADURA EXPOSE, MENGAWAL KEPASTIAN HUKUM
HotNews:  Khawatir Perburuk Keadaan, Ketua Demokrat Sumenep Akan Panggil Indra Wahyudi

“Uji Terampil Perorangan (UTP) Umum ini merupakan tahap Latihan untuk menguji keterampilan perorangan dari materi yang telah diperoleh dan dilatihkan pada tahap Latihan Perorangan Dasar (Latorsar), sehingga hasil yang dicapai dapat digunakan sebagai acuan dan bahan evaluasi dalam pelaksanaan Latihan kelompok yang harus dilaksanakan pada tahap Latihan berikutnya sesuai Kalender Latihan Satuan,” imbuhnya.

Mayor Arm. Budi Susilo Wibowo menekankan kepada seluruh baik itu penyelenggara, penguji dan peserta, agar UTP Umum yang sudah dilaksanakan mulai kemaren, hari ini dan besuk harus dilaksanakan dengan serius, sungguh-sungguh, serta bertanggung jawab sehingga ada manfaat dan hasil nyata yang dapat di petik nantinya.

Kegiatan latihan UTP ini diikuti seluruh prajurit golongan Bintara dan Tamtama, sedangkan bertindak sebagai penguji materi adalah para Perwira jajaran Kodim 0827 Sumenep, pembantu Penguji oleh Bintara tinggi yang berpangkat Pelda atau Peltu dengan materi UTP yang sudah disiapkan Staf Operasi yang berpedoman pada buku Petunjuk Penyelenggaraan UTP Umum.

(sur/fer)