Ketua DPRD Sumenep bersama rombongan Komisi B DPRD Probolinggo, Jawa Timur/Istiemwa.

MADURAEXPOSE.COM–Ketua Komisi B DPRD Probolinggo, H. Roy Amran, SE mengungkapkan, Kabupaten Sumenep dinilai penuh prestasi dalam mengelola keuangan daerah, terutama yang menyangkut Pedapatan Asli Daerah (PAD).

Pernyataan itu disampaikan Roy saat melakukan kunjungan kerja (kungker) ke DPRD Sumenep baru-baru ini. Menurutnya, pihaknya bersama rombongan tertarik untuk mendalami “cara” pemerintahan Sumenep baik dari pihak eksekutif maupun legislatif dalam meningkatkan pendapatan asli daerah maupun melalui program UMKM ( Usaha Menengah Keuangan Mikro, yang nantinya akan diterapkan melalui sekretariat DPRD Kota Probolinggo, Jawa Timur.

“Sengaja kami pilih kungker ke DPRD Sumenep, karena kabupaten ini penuh prestasi dan sangat penting untuk kami pelajari. Salah satunya terkait penerapan UMKM, dimana sasarannya mampu memberikan kredit kepada pelaku usaha tanpa bunga”, demikian disampaikan Ketua Komisi B, DPRD Probolinggo, H. Roy Amran, SE, usai melakukan dialog dengan pihak DPRD Sumenep baru-baru ini.

Pihaknya juga menyinggung keberhasilan Sumenep terkait peningkatan PAD. Menurutnya, Sumenep memiliki PAD yang cukup besar dengan target ratusan miliar pertahunnya.

“Kenapa kami bilang hebat, coba bayangkan, target PAD Sumenep tahun ini mencapai Rp 200 miliar dari tahun sebelumnya dilevel Rp 180 miliyar”, imbuh Roy Amran kepada awak media.

Masalah PAD dan UMKM inilah, lanjut Roy Amran, yang mengundang hasrat wakil rakyat di DPRD Probolinggo jauh-jauh datang ke Komisi II DPRD Sumenep untuk mendalami dua hal penting tersebut.

“Kami belajar banyak dari Komisi II DPRD Sumenep soal trik meningkatkan PAD dan UMKM,” imbuhnya menambahkan.

Sementara itu Wakil Ketua Komisi II DPRD Sumenep, H. Masdawi mengapreasiasi kedatangan Komisi B DPRD Kota Probolinggo. Sebab, itu menjadi penghargaan yang luar biasa bagi DPRD Sumenep.

“Kami hanya bertukar pikiran saja tentang banyak hal khususnya UMKM, PAD dan lainnya,” ujar H. Masdawi.

Sekedar mengingatkan, kungker DPRD Probolinggo ke DPRD Sumenep ditahun 2016 ini diikuti juga oleh Wakil Ketua DPRD Probolinggo, Mukhlas Kurniawan, SH. Sekretaris DPRD Kota Probolinggo, Sunarmi, SH. MH dan tim lainnya yang terdiri dari unsur Ketua Komisi B yakni, H. Roy Amran, SE beserta anggota dan pejabat sekretariat DPRD Kota Probolinggo.

Mereka disambut di ruang komisi II oleh Ketua DPRD Kabupaten Sumenep, Herman Dali Kusuma, MH. Wakil Ketua Komisi II DPRD Sumenep beserta jajarannya. SKPD yang terdiri dari Dinas Terkait antaranya, Dinas Pendapatkan, Pengelolaan dan Aset Kabupaten Sumenep dan Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Sumenep. [A82/ferry/***]