MaduraExpose.com- Beragam busana modern mewarnai Jakarta Fashion Week 2015 dalam tajuk “Industrial Greenesia” di Senayan City, Jakarta Selatan.pada Minggu (2/11) lalu.

Ada kolaborasi luar biasa diperankan Daniel Mananta dan Nowela Mikhelia hanyut dalam satu pesan bijak, “Sayangi bumi. Beberapa pernyataan disampaikan, seperti “where is my tree?”, seperti ditulis CNN Indonesia.

Ada enam penampilan yang menjadi inspirasi isu utama seputar “Industrial Greenesia”. Masing-masing koleksi menyuguhkan bahan organic cotton terurai dan sangat bersahabat dengan bumi. Dengan kreatfitas inilah, orang Indonesia akan membayangkan bumi tanpa tetumbuhan.

“Kita cuma punya satu Indonesia dan satu bumi”, demikian Daniel menyampaikan. Tiba-tiba sebuah lagu pop lawas dengan judul Rumah Kita mengalun merdu dari suara emas Nowela yang menutup pagelaran akbar kala itu, Ia berbusana anggun dengan paduan warna hijau, putih, dan hitam sambil melnggok di runway, tentunya ditemani si Daniel.

Sorot tajam para pengunjung masih tertuju ke latar utama sebuah panggung berikutnya. Meski bukan kolaborasi antar artis, pagelaran busana itu juga mampu menghipnotis para pengunjung yang kebanyakan dari kalangan perancang dan penyanyi papan atas.

Sebuah tema seru tengah dirancang Iwet Ramadhan ‘duet’ bareng Andien Aisyah menampilkan “The Powerful Phoenix”, sebuah karya besar dengan mengusung kain batik tulis Madura dalam sembilan outfit.

Sebuah eskplorasi besar dari batik Madura yang berasal dari tahun 1920-an. “Koleksi ini bercerita tentang perempuan. Kami menampilkan sosok perempuan yang cantik dan lembut, tetapi di dalam dirinya sebenarnya ada kekuatan yang besar,” kata Iwet.

Kebetulan, Andien pun paham betul soal batik. “Perajin batik ini merupakan istri nelayan yang ditinggal berbulan-bulan oleh suaminya sehingga terpaksa jadi tulang punggung keluarga,” kata Andien.

(CNN/FER)