Irwan Tersenggol, Daging Ayam dan Bawang Tambah Mahal

0
680

MaduraExpose.com- Menjelang bulan suci Ramadlan tahun ini, harga kebutuhan pokok di pasar tradisional tersebesar pasar anom kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur mulai merangkak naik.

Salah satu penyebabnya, karena meningkatnya permintaan pasar yang tidak seimbang dengan jumlah produksi yang ada.
Kenaikan paling mencolok terjadi pada komuditas bawang merah, yang sebelumnya seharga Rp 20 ribu perkilo, kini naik menjadi Rp 35 ribu perkilo. Begitu juga dengan harga bawang putih dari Rp16 ribu naik menjadi Rp 17 ribu perkilo. Sedangkan lombok besar stabil mencapai Rp 28 ribu perkilo.
“Keniakan harga bawang sangat signifikan. Hampir tiap hari naik Rp 2000,- . Itu terjadi karena stok barang yang sangat terbatas. Sementara permintaan pasar sangat tinggi”, ujar Hodri, pedagang rempah-rempah di Pasar Anom Baru Sumenep saat berbincang dengan MaduraExpose.com.
Pantauan MaduraExpose.com sejak kemarin, tak hanya bawang merah dan putih yang mengalami kenaikan, harga ayam kampung yang sebelumnya Rp 60 ribu perkilo, naik menjadi 65 ribu perkilo. Untuk harga daging broiler stabil 27-28 perkilo, harga daging sapi juga stabil sebesar 110 ribu perkilo.
“Biasa harga daging ayam dan sapi ini terus naik sampai bulan suci Ramadhan Mas”, ujar Rustini, pedagang daging ayam kepada MaduraExpose.com.
(m2d/fer)