Ini Yang Istimewa Dari Rapat Paripurna DPRD Sumenep

0
917

MADURA EXPOSE—Kehadiran Wakil Bupati (Wabup) Sumenep Achmad Fauzi dalam rapat paripurna penyampaian laporan hasil reses II yang digelar anggota DPRD Sumenep beberapa waktu lalu dinilai terasa istimewa, karena pada kesempatan itu dihadiri oleh 7 fraksi dan semua unsur pimpinan beserta seluruh pimpinan SPKD di bawah naungan Pemkab Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Rapat Paripurna ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Sumenep, Herman Dali Kusuma, yang memberikan paparan penting, bahwa rapat paripurna itu digelar berdasarkan ketetapan dari Badan Musyawarah (Bamus). Pihaknya menyampaikan terimakasih kepada Wabup Achmad Fauzi dan seluruh pimpinan SKPD yang telah hadir dalam ruang rapat Paripurna tersebut. Sementara penyampaian laporan hasil reses, menurutnya, akan dipasrahkan sepenuhnya kepada masing-masing fraksi.

Politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini memberi sedikit pandangan terkait kegiatan reses kedua priode 2015-2016 yang sudah dijalankan sesuai dengan hasil rapat Bamus yang digelar pada 28 Maret 2016. Hasilnya memutuskan masa reses kedua dilakukan selama 6 hari kerja, terhitung dari tanggal 20-27 April 2016.

Pria asal Kecamatan Talango ini menjelaskan, kegiatan reses yang dilakukan oleh anggota dewan itu bertujuan untuk membangun dialog secara terbuka sekaligus serap aspirasi langsung terhadap masyarakat konstituen.

“Reses anggota dewan ini juga bagian dari wujud akuntabilitas dan pertanggung jawaban seluruh anggota DPRD Sumenep terhadap konstituen di Dapil masing-masing,” terangnya kepada awak media.

Dalam kesempatan itu, Herman juga menjelaskan hasil serap aspirasi yang dilaksanakan melalui reses anggota dewan. Hasil kegiatan tersebut dilaporkan dalam rapat paripurna melalui fraksi-fraksi. Selain meyampaikan laporan hasil kegiatan reses kedua, fraksi-fraksi juga melakukan rapat penyusunan laporan hasil reses tertanggal 28 April 2016. Dan hasilnya, dilaporkan kepada pimpinan dewan melalui rapat paripurna DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Untuk seterusnya, laporan hasil reses kedua itu ditindak lanjuti dengan menyampaikannya kepada Bupati Sumenep sebagai bahan masukan dan peningkatan pembangunan di Kabupaten paling timur di Pulau Madura ini.

Adapun 7 fraksi DPRD yang menghadiri rapat paripurna hasil reses kedua itu yakni, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FKB), Fraksi Partai Amanat Nasional, Fraksi Partai Golkar, Fraksi Partai Persatuan Pembangunan, Fraksi Partai Demokrat, Fraksi Gerindra Sejahtera, dan Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. [wim/adv]