MADURA EXPOSE–Komando Distrik Militer 0827 / Sumenep, Koramil 0827 / 07 Guluk – Guluk melalui bintara pembina desa atau babinsa Satuan Tugas Serapan Gabah Petani (Satgas Sergap) melakukan pengawalan terhadap penyerapan gabah atau beras kelompok tani kepada Perum Bulog Subdivre Pamekasan

“Kami sudah berkomitmen dalam mendukung program ketahanan pangan secara struktural dari Komando Atas hingga babinsa, termasuk termasuk diantaranya program serapan gabah atau beras Bulog,” kata Komandan Kodim 0827 Sumenep Letkol Inf Budi Santosa S. Sos yang di dampingi Danramil 0827 / 07 Guluk – Guluk Kapten Arh Sapto Waluyo , Rabu ( 10/8/2016 ).

Dandim mengaku sudah mendapat instruksi dan petunjuk dari Komando Atas agar menyampaikan kepada seluruh Danramil dan Babinsa di jajaran untuk mengajak kelompok tani dan pengusaha atau pedagang gabah di seluruh wilayah jajaran Guluk- Guluk untuk menyalurkan dan menjual gabah atau berasnya kepada Bulog.

“Dengan demikian, maka tata kelola beras dan Gabah dapat kita pantau dengan baik, termasuk angka produksi di wilayah Kecamatan Guluk-Guluk , sehingga nantinya dapat kita kalkulasi dengan tepat berapa produksi padi dan serapan gabah ke Bulog,” tuturnya.

Selama ini, lanjut dia, hasil panen petani khususnya di wilayah Guluk – Guluk pada umumnya dibeli oleh pedagang dan tengkulak yang selanjutnya dipasarkan ke kabupaten lain, sehingga masalah tersebut harus dikurangi untuk memperbaiki tata kelola menjadi jelas dan teratur.

” Kodim, Koramil dan Babinsa akan mengoptimalkan serapan gabah atau beras untuk mewujudkan program ketahanan pangan dan swasembada beras yang dicanangkan pemerintah, terutama di Kabupaten Sumenep khususnya dan di Indonesia pada umumnya, s
atgas Sergap Kodim 0827 Sumenep, Koramil Guluk – Guluk. UPT Guluk – Guluk Gakpoktancam Guluk – Guluk berhasil mengajak petani untuk menjual Gabahnya kepada Bulog di musim panen saat ini maupun kedepanya”.

HotNews:  Keras! Takmir Masjid Tegur Bupati Sumenep dan Bubarkan Rapid Test

Dari hasil pengumpulan Gabah yang dilaksanakan tim Sergab, Babinsa dan UPT dan pelaksanaan Test yang di lakukan oleh pihak Bulog Pamekasan, Gabah hasil Sergab dari wilayah Kecamatan Guluk- Guluk. Sudah memenuhi standrad Bulog : dengan kadar Air 12,3 % dan Kadar Kotoran : 1,7 %, sebanyak 6,8 ton hasi tersebut langsung dikirim ke Gudang Bulog Drive Pamekasan dengan pengawalan babinsa karena sebelumnya kami sudah melakukan pendekatan terhadap kelompok tani dan pengusaha padi, Pungkasnya.