MADURAEXPOSE.COM– Bupati Sumenep, A. Busyro Karim menegaskan, bahwa Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang diperingati setiap tanggal 2 Mei itu, menunjukkan pentingnya peran pendidikan dalam pembangunan nasional.

MADURA EXPOSE, MENGAWAL KEPASTIAN HUKUM

Menrutnya, pendidikan yang berkualitas sangat mempengaruhi maju tidaknya sebuah peradaban bangsa. Bahkan, pihaknya berkeyakinan, pada akhirnya persaingan antar manusia makin tidak terelakkan. Hal itu akan terjadi dalam segala bidang, yang hanya bias dijawab dengan pendidikan yang berkualitas.

Bupati Busyro melanjutkan, pendidikan yang berkualitas akan sangat mempengaruhi terhadap kemajuan suatu bangsa. Dirinya juga mencontohkan Negara Jepang, yang saat ini turut menjadi Negara super power.

“Pendidikan berkualitas menjadi penunjang utama bagi kemajuan sebuah peradaban bangsa dan nantinya akan melahirkan tenaga SDM yang mumpuni dan mampu bersaing secara global,” ungkapnya.

Mantan Ketua DPRD Sumenep dua priode ini menegaskan, akibat perkembangan ilmu pendidikan yang berkualitas, semisal di Negara Jepang, lanjut Bupati, justru menjadikan Negara itu kembali pulih, setelah pada perang ke dua, atau sekitar 71 tahun silam, telah diporak poranda oleh Negara luar dalam perang dunia kedua.

“Hanya dengan pendidikan yang berkualitas, akan melahirkan SDM yang mampu bersaing dengan maksimal,” tandasnya.

Bupati juga menambahkan, bahwa momentum Hardiknas kali ini, menjadi kesempatan bagi seluruh lapisan masyarakat, untuk kembali mengaplikasikan apa yang menjadi cita-cita luhur para pencetusnya.

“Mari kita jadikan Hardiknas 2017 ini sebagai momentum menyalakan kembali semangat Ki Hajar Dewantara”, pungkasnya.

Perlu diketahui, saat upacara dalam rangka menyambut hari pendidikan Nasional 2017 kali ini mengusung tema “Dengan ilmu kita akan menuju kemulyaan”.

Gelar upacara Hardiknas yang ke 109 di Kabupaten Sumenep terlihat berjalan tertib dan penuh semangat. Acara itudiikuti oleh jajaran pejabat penting dibawah Forpimda, mulai dari kalangan SKPD, FKPPI, Darmawanita, PKK, Mahasiswa dan perwakilan dari unsure lembaga pendidikan yang ada di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. (***)