MADURAEXPOSE.COM–Kementerien Energi dan Sumber Daya Mineral berencana memasang dispenser gas di 150 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Ini dalam rangka implementasi Peraturan Menteri ESDM Nomor 25 Tahun 2017 tentang percepatan pemanfaatan bahan bakar gas untuk transportasi jalan.

“Kami harapkan ada tambahan 150 lokasi. Jadi masyarakat punya pilihan menggunakan gas,” kata Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM IGN Wiratmaja Puja, Jakarta, Selasa (25/4).

Dia berharap keberadaan dispenser gas di SPBU bisa memudahkan masyarakat untuk membeli bahan bakar gas. Mengingat, pemerintah masih kesulitan membangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG).

“Kelebihannya masyarakat sudah tahu dimana beli BBM selama ini. Tempatnya sudah tahu,” katanya.

“Kalau bikin SPBG harus beli tanah, lokasi strategis, masyarakat harus disosialisasikan.”

Sejauh ini, menurut Wiratmaja, sudah terbangun 68 SPBG di seluruh Tanah Air. Pemerintah memprioritaskan pembangunan SPBG di wilayah yang sudah memiliki infrastruktur gas

“Kalau infrastruktur gas kan sudah ada di Kalimantan Timur maka dia duluan implementasinya, kemudian di Jawa Timur fasilitas sudah ada maka duluan, Semarang juga, Jawa Barat, Jabodetabek. Jabodetabek roadmap akan kami ceritakan, begitu juga di Palembang akan duluan diterapkan disana.”

MADURA EXPOSE, MENGAWAL KEPASTIAN HUKUM

[yud/mdk]