MADURAEXPOSE.COM–Ternyata, alam jin dan manusia memiliki banyak kesamaan. Kisah berikut ini menggambarkan bahwa, bangsa jin juga memiliki sistem pengadilan, sebagaimana pengadilan yang berlaku di alam manusia. Dinukilkan dari kitab al-Mukhtar al-Mashun min A’lam al-Qurun.

Ibnu Hajar al-Asqalani mengisahkan dari dari Ali bin Muhammad an-Nu’man al-Hawi. Suatu saat, seorang qadhi bernama Ibnu as-Siraj, tengah memasuki rumah, tetapi tiba-tiba ia melihat seekor ular yang menyeramkan. Spontan ia kaget bukan kepalang. Ia pun lantas memukul ular tersebut dan akhirnya mati.

Selang beberapa lama, ternyata, Ibnu as-Siraj tiba-tiba dia menghilang. Segenap keluarga pun mencarinya. Begitu bangun, ia telah bersama bangsa jin dan dibawa ke hakim untuk diadili atas tuduhan membunuh ular, yang konon, adalan jin yang tengah menjelma.

Wali dari korban (bangsa jin) pun menuduh Ibnu Siraj, namun Ibnu Siraj membantah. Hakim ( dari bangsa jin) pun bertanya,”Ketika itu korban dalam rupa seperti apa?” Ia menjawab,” Ular.” Sang qadhi (dari bangsa jin), berkata kepada orang yang berada di sebelahnya,”Aku pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda,” Barangsiapa yang menjelma (dengan maksud mengelabui) kalian, maka bunuhlah mereka.”

Berdasarkan hadis ini, Ibnu Siraj pun akhirnya bebas dari tuduhan dan akhirnya dilepaskan. Ia pun dikembalikan kembali ke alam manusia dan pulang ke rumah. Semoga, atas perlindungan Allah SWT, kita terhindar dan terlindungi dari segala keburukan bangsa jin.

[ROL]