DPRD Desak Tiga BUMD Ini Segera Dimerger

0
580
Petrogas Jatim Utama/nET

MADURAEXPOSE.COM–\Komisi C DPRD Jawa Timur meminta PT Jatim Nusa Utama (JNU) eks PT Jatim Investment dan Managemet (JIM) agar dimerger dengan PT PJU (Petrogas Jatim Utama). Mengingat BUMD milik Pemprov Jatim tersebut terus merugi, dan tidak memberikan kontribusi terhadap APBD Jatim.

Ketua Komisi C DPRD Jatim, Thoriqul Haq menegaskan untuk efesiensi di jajaran BUMD, maka sangat dibutuhkan merger. Selain itu, akan dibuat semacam holding bagi BUMD yang memiliki koor bisnis yang sama.

Salah satunya PT JIM yang selama ini bergerak dibidang investasi bisa disatukan dengan PT PJU yang bergerak dibidang eksploitasi minyak dan gas.

“Yang pasti saat ini dewan bersama eksekutif tengah menyiapkan revisi Perda terkait BUMD yang nantinya akan dimerger. Selain untuk meningkatkan kinerja BUMD yang ada sekaligus mengacu pada UU 23/2014 nantinya BUMD dapat memberikan kontrbusi ke APBD dan dapat membiayai daerah,”tegas politisi asal PKB Jatim ini

Seperti diketahui, evaluasi Komisi C DPRD Jawa Timur atas progres kinerja badan usaha milik daerah (BUMD) beberapa waktu lalu akhirnya diamini Gubernur Jatim Soekarwo.

Dia juga akhirnya menyetujui pembubaran perusahaan BUMD yang selalu merugi. Ada tiga BUMD yang disepakati Soekarwo untuk dihapus, yaitu PT JMU (Jatim Marga Utama), PT Jatim Krida Utama (JKU), dan PT Jatim Investment dan Management (JIM).

Ketiga BUMD itu terus merugi sehingga dikhawatirkan menjadi beban daerah. Sebagaimana diatur dalam UU 23/2014, nantinya BUMD harus menjadi PT (perseroan terbatas). (*)


M-TIMES