Dalam rangka Binwanwil guna menjaga Stabilitas dan Kondusifitas keamanan diwilayah, Forpimka Sapeken Kab.Sumenep melaksanakan kegiatan Diklat Belanegara terhadap anggota Linmas Desa se Kecamatan Sapeken.

Pada tanggal 15 s d 17 Agustus 2016 Diklat Belanegara LINMAS se Kecamatan Sapeken dilaksanakan di Kantor Kecamatan Sapeken, Acara Belanegara tersebut dihadiri Forpika Sapeken dan Para Kepala Desa serta Anggota LINMAS se Kecamatan Sapeken,

Diklat diikuti 103 Anggota LINMAS seharusnya lebih dari itu karena ada beberapa Desa yang tidak bisa mengirimkan anggota Linmasnya di karenakan Cuaca yang tidak mendukung/ angin kencang dan gelombang ombak sangat tinggi. Terang Kapten Inf Sutrisno. Danramil 0827/19 Sapeken.

Camat Sapeken Muhamad Sahlan, SP.M.Si dalam sambutannya dan sekaligus membuka acara tersebut mengatakan bahwa, wilayah Kec. Sapeken merupakan wilayah kepulauan dan lebih dari 20 pulau kegiatan ini berdasarkan amanat UUD 1945 pasal 30 yang berbunyi “setiap warga Negara wajib dan ikut serta dalam usaha pembelaan Negara”. Hal ini juga dilatar belakangi minimnya kegiatan LINMAS di masyarakat, munculnya isu-isu tentang kerawanan sosial, LINMAS sebagai kekuatan pendukung dalam Ketahanan Nasional, harus dibekali ilmu-ilmu tentang Belanegara.

Pada Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian beberapa materi Pelatihan antara lain Materi PBB, PPM, dan TUM disampaikan oleh KORAMIL 0827/19 Sapeken. Materi SISKAM SWAKARSA disampaikan oleh POLSEK Sapeken dan Materi Penanggulangan Bencana Alam disampaikan oleh anggota dari PT KEI.

Ditambahkan oleh Kapten Inf Sutrisno dari materi-materi yang disampaikan diharapkan kepada para anggota Linmas bisa lebih tanggap dan peka dalam menghadapi situasi dan kondisi serta dapat megendalikan seluruh potensi Desa untuk menunjang Sistem Keamanan lingkungan (SISKAMLING), juga menjadi pelopor dan mengembangkan pengalaman apa yang diperoleh selama latihan kepada generasi muda di Desanya masing-masing. []

MADURA EXPOSE, MENGAWAL KEPASTIAN HUKUM