Danramil Sapeken Berikan penyuluhan Wasbang dan Binwanmil

0
903

Bangsa Yang Besar adalah Bangsa yang mau menghormati Pahlawan, Lagu Kebangsaan, Bendera dan Labang Negaranya.
MADURA EXPOSE– Danramil 0827/19 Sapeken memberikan penyuluhan tentang Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan Binwanmil dengan materi Bela Negara kepada Kepala Desa, Perangkat Desa dan Tomas Kec. Sapeken Kab. Sumenep kegiatan ini dilaksanakan bertempat dipendopo kecamatan Sapeken, Kamis (11/8/2016)

Dandim 0827/ Sumenep Letkol Inf Budi Santosa. S.sos melalui Danramil 0827 /19. Sapeken Kapten Inf Sutrisno menyatakan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian serta dalam meningkatkan Wawasan Kebangsaan dan Cinta tanah air kepada para semua elemen masyarakat diantaranya Kepala Desa, Perangkat Desa dan Tokoh Masyrakat terhadap NKRI.

Pentingnya memiliki sikap cinta tanah air harus dibangun di semua lini dan menyanyikan lagu Indonesia Raya tidak hanya saat kegiatan upacara resmi atau saat peringatan HUT RI 17 Agustus saja, tetapi Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dinyanyikan dalam setiap acara sosial dan keagamaan, sikap cinta terhadap tanah air akan mempengaruhi perkembangan dan kemajuan suatu bangsa, jika rasa patriotisme dan nasionalisme kita semakin melemah, jangan harap kita dapat bersaing dengan negara-negara lain.

Dan tidak kalah pentingnya Bendera Merah Putih wajib dihormati, Ini penting sekali, kelihatannya remeh, hormat pada Merah Putih bukan syirik, tapi semua itu merupakan ungkapan rasa syukur kita kepada Allah Swt, untuk memiliki Bangsa Indonesia, timbulnya tidak ada rasa ‘Memiliki’ atau ‘Handarbeni’ jadi penyebab merosotnya nasionalisme di kalangan anak muda,
sebagai bangsa yang besar ketika kita akan melakukan perbuatan yang tercela apabila kita tidak ingat dan bangga dengan Merah-Putih, seharusnya kita malu karena di dalamnya ada tumpahan darah para pahlawan dan jati diri bangsa yang memiliki adat dan etika ketimuran.

HotNews:  Inisiator Partai UKM Sumsel Menggelar Rapat Koordinasi

“Mari kita ajak anak-anak kita untuk mengingat dan mengenang jasa para pahlawan kita serta kenalkan para pahlawan kepada anak-anak kita sejak dini agar mereka paham kemerdekaan ini bukan hadiah, dan agar dalam diri anak-anak tumbuh kecintaan pada bangsa, rasa cinta yang kuat pada bangsa akan memperkokoh keutuhan NKRI ini,”

Bangga terhadap Indonesia bukan berlebihan, tapi itu merupakan ungkapan rasa syukur pada Allah Swt, Hormat pada Merah Putih bukan syirik, tapi juga ungkapan rasa syukur kita pada Allah Swt, untuk memiliki Bangsa Indonesia, rasa Cinta NKRI tidak hanya dilaksanakan pada 17 Agustus saja, melainkan setiap hari Senin dan upacara kebangsaan yang lain.

Cinta kepada Bangsa selalu ditanamkan melalui pengibaran Bendera Merah Putih, sehingga sebagai anak bangsa Indonesia kita harus mempunyai penghormatan yang luar biasa kepada Bendera Merah Putih, serta harus menjaga dan merawatnya dengan penuh perasaan cinta, untuk itu saya menghimbau kepada seluruh instansi maupun masyarakat agar berperan aktif memeriahkan HUT RI 2016.

Instansi pemerintahan maupun kantor Desa wajib memasang umbul-umbul dan menaikkan Bendera Merah Putih , serta warga masyarakat diupayakan memeriahkan dengan memasang Bendera Merah-Putih dan umbul umbul mulai sekarang bagi yang belum memasang di depan rumah masing -masing, dalam rangka HUT Kemerdekaan RI Ke 71 Tahun 2016. Pungkasnya [Purnomo Demak]