Bupati Fauzi, Dari Ruang Apresiasi Hingga Kelas Inspirasi

0
172

Maduraexpose.com- SDN Pangarangan 3 Kecamatan Kota Kabupaten Sumenep terus berinovasi dalam mengembangkan keterampilan dan bakat siswa, seperti halnya pengembangan literasi dasar yang dikembangkan dalam literasi kebudayaan oleh para guru di sekolah tersebut.

Salah seorang guru SDN Pangarangan 3, Andi Lala, S.Pd.SD, yang juga Fasilitator Daerah (Fasda) Inovasi Kabupaten Sumenep ini menjelaskan, literasi kebudayaan yang dilaksanakan di sekolahnya juga dalam rangka melestarikan budaya lokal khususnya budaya Sumenep yang layak untuk terus dieksplor. Apalagi di masa pandemi saat ini siswa tetap harus semangat belajar dan berkreativitas.

“Kami berupaya bersama para guru di sini berpikir bagaimana mengembangkan literasi kebudayaan kepada siswa, sehingga mereka tetap merasa senang sesuai dengan bakat yang dimiliki,” ujar Andi Lala, Sabtu (13/11/2021) kemarin.

Dan kebetulan di SDN Pangarangan 3 memiliki guru yang mempunyai keahlian di bidang seni musik, dan mencoba melakukan inovasi dengan mengaransemen lagu Sumenep Sumekar. Sehingga, bisa diaransemen untuk menjadikan sajian lagu itu lebih up to date dan bisa dimainkan oleh seluruh siswanya.

Dan pada akhirnya bisa berkiprah untuk turut tampil dalam rangka menyemarakkan Hari Jadi ke-752 Kabupaten Sumenep pada tanggal 31 Oktober 2021 lalu. Bahkan, hasil karya siswa SDN Pangarangan 3 ini diunggah di Channel Youtube PANGGA TV berjudul SUMENEP SUMEKAR_The Commemoration of 752nd Sumenep Region by SDN Pangarangan III dengan durasi 6 menit 15 detik di https://www.youtube.com/watch?v=z74hYtQONxg dan hingga saat ini sudah ditonton 2.093 penonton, disukai 346, dan Channel Youtube ini juga sudah memiliki 1,59 ribu subscriber.

Semua penampilan siswa SDN Pangarangan 3 ini benar-benar memukau penonton mulai dari kesenian saronen, jung-kejungan, permainan anak, tari tradisional, rap, dan lagu Sumenep Sumekar diperagakan dengan riang gembira dalam komposisi yang menarik. Selain itu, peserta didik memperagakannya di Keraton Sumenep dan Taman Adipura.

HotNews:  Kodim 0827/Sumenep Gelar Ops Yusitisi Penegakan Prokes dan Pemeriksaan Kartu Vaksin Lewat Aplikasi Peduli Lindungi

Bahkan, Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, SH, MH, mengapresiasi penampilan siswa SDN Pangarangan 3 dengan menyampaikan sambutan pada narasi di awal tayangan video Youtube dengan ucapan selamat dan mengapresiasi civitas SDN Pangarangan 3 yang telah memberikan kesempatan kepada anak didiknya untuk mengaransemen lagu Sumenep Sumekar. Hal itu menunjukkan salah satu upaya mempertahankan nilai-nilai kebudayaan yang ada di Kabupaten setempat.

“Kita memiliki harapan penuh pada anak didik untuk terus mempertahankan nilai budaya dan ini juga sebagai bukti jika Sumenep sebagai Kabupaten layak anak dan tentunya perlu didukung semua unsur lapisan masyarakat,” narasi Bupati Sumenep di video itu.

Hal tersebut juga dibenarkan Hairullah S.Pd, guru kelas 3B yang juga pembina ekstrakurikuler kesenian di SDN Pangarangan 3 ini. Menurutnya, di masa pandemi siswa tidak bisa berlama-lama untuk fakum dan harus ada solusi serta inovasi yang diberikan guru agar mereka tetap semangat untuk beraktivitas belajar dan mengembangkan bakat yang dimiliki.

“Syukurlah, meskipun awalnya tidak mudah, namun berkat dukungan para orang tua dan keinginan siswa, kami bisa menghasilkan karya seni yang dipersembahkan pada momentum Hari Jadi ke-752 Kabupaten Sumenep,” ungkapnya.

Rupanya tidak sia-sia usaha yang dilakukan para guru dan dukungan orang tua yang luar biasa, karena harus antar jemput anaknya ketika latihan pada Jumat-Sabtu sore dan sebagainya. Namun, akhirnya bisa terobati dengan suksesnya penampilan putra-putrinya.

“Sekitar 150 siswa dari kelas 3, 4 dan 5 yang tampil memainkan musik termasuk tari dan band, hanya gitar saja belum ada yang bisa terpaksa saya yang mengiringi penampilan mereka,” jelas guru yang mengaku memiliki keahlian kesenian secara otodidak ini.

Sementara Kepala SDN Pangarangan 3, Zainal, S.Pd, mengaku sangat mendukung usaha yang dilakukan para guru dalam mengedukasi dan berinovasi untuk membina siswa-siswinya meraih prestasi hingga tingkat nasional, termasuk aksi mengagumkan yang ditampilkan pada Hari Jadi ke-752 Kabupaten Sumenep mendapat respon luar biasa.

HotNews:  Pemdampingan Vaksinasi Oleh Babinsa Demi tercapainya Herd Immunity

“Di samping telaten kuncinya para guru juga harus sabar dengan kondisi pandemi yang serba terbatas saat ini, dalam membina siswa tetap harus dibatasi, seperti pada saat latihan sore hari dibatasi hanya 7 orang dan besoknya 7 orang lagi.” katanya.

Pihaknya bersyukur para guru dengan kemampuan dan keahliannya masing-masing bisa berkolaborasi membina siswa sesuai bakat yang dimiliki. Dan itu tidaklah mudah, namun untungnya siswa-siswinya juga memiliki semangat dan cepat menguasai ketika dibina oleh guru. Dan tidak kalah pentingnya dukungan orang tua siswa yang turut andil dalam keberhasilan siswa-siswinya.

“Kami juga menyampaikan terima kasih atas dukungan dan apresiasi dari Bupati Sumenep, sehingga memberikan semangat bagi guru dan siswa untuk semakin semangat pula meraih prestasi baik di bidang akademik maupun non akademik,” tambahnya. (ren/fer)