Scroll untuk baca artikel
POLICELINE.ID

Bukan Soekarno-Hatta? Inilah Sosok Proklamator Pertama RI namun Baru Dinobatkan Pahlawan Tahun 2003

Avatar photo
197
×

Bukan Soekarno-Hatta? Inilah Sosok Proklamator Pertama RI namun Baru Dinobatkan Pahlawan Tahun 2003

Sebarkan artikel ini
ist.geloradotco

Maduraexpose.com–Sudah terukir dalam sejarah jika Soekarno dan Hatta lah yang memproklamirkan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan.

Namun siapa sangka jika ada sosok lain yang konon menjadi proklamator pertama RI dalam memerangi penjajahan di tanah air.

Namun mirisnya tak seperti Soekarno-Hatta, sosok tersebut justru baru dinobatkan sebagai pahlawan berpuluh tahun kemudian. Seperti apa? Simak ulasan berikut.

Dilansir dari akun TikTok @sejarahseru.id, dia lah Nani Wartabone. Seorang pejuang revolusioner yang bergerilya di wilayah Gorontalo.

Ia lahir dari keluarga terpandang. Ibunya seorang keturunan kerajaan sementara ayahnya bekerja pada pemerintahan Belanda.

Namun meski demikian, ia memiliki pehamaman sendiri tentang tanah air dan kemerdekaan yang harus direbut dari Belanda, tempat ayahnya tersebut bekerja.

Bersama para pemuda lainnya, ia membentuk sebuah organisasi kemerdekaan bernama Jong Gorontalo di Surabaya pada 1923.

Jadi proklamator pertama RI

Sosok Nani Wartabone konon menjadi proklamator pertama RI sebelum Soekarno dan Hatta (Tangkapan layar TikTok @sejarahseru)

Pada tahun 23 Januari 1942 atau yang dikenal sebagai Hari Patriotik, Nani Wartabone mendengar jika penjajah Jepang telah menduduki Manado sementara Belanda lari tunggang langgang ke daerah lain.

Pada hari itu pula menjadi sejarah pergerakan para pahlawan yang ada di Gorontalo dalam mengusir penjajah. Ia dan para pejuang lain berusaha merebut kemerdekaan yang selama ini diidam-idamkan.

------------------------