Sumenep(maduraexpose.com) – Rumah bagi sebagian dari kita masih menganggap suatu kebutuhan papan, namun semakin kompleksnya masyarakat rumah merupakan indikator bagi setiap individu yang menunjukan penegasan status sosial dari sebuah kemapanan.

Sebelum kita memutuskan untuk membeli atau membangun sebuah tempat tinggal maka kita perlu memahami lebih dalam lagi apa definisi dan fungsinya, terlepas dari apa tujuannya apakah akan digunakan sebagai tempat tinggal atau investasi. Rabu, (29/11).

Kegiatan yang dilakukan seorang Babinsa di wilayah binaannya bisa dikatakan sebagai wujud dari pada pembinaan teritorial, dimana fungsi Teritorial TNI (Babinsa) yaitu menyelenggarakan pembinaan dan pendayagunaan unsur-unsur geografi, demografi dan kondisi sosial menjadi ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh untuk mencapai tugas pokok TNI.

Bapak Ari salah satu warga binaan Babinsa Sertu Sentot Sugianto di Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep, Madura-Jawa Timur, yang mana saat ini pentahapan pembangunan rumahnya di bantu Bintara Pembina Desa (Babinsa) guna kelayakan sebagai kebutuhan tempat tinggal bersama keluarganya.

MADURA EXPOSE, MENGAWAL KEPASTIAN HUKUM

“Kegiatan pembinaan teritorial adalah kegiatan TNI bersama rakyat secara bahu membahu dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat agar terwujud ketahanan wilayah dan kepekaan masyarakat di bidang pertahanan Negara”, Ujar Sertu Sentot Sugianto.

Danramil 0827/13 Rubaru Kapten Inf Imam Fitri Harto, menjelaskan bahwa fungsi teritorial telah melekat dalam jiwa TNI (Babinsa) yang sadar bahwa TNI bersama rakyat dalam waktu lambat atau cepat akan bertempur di wilayah sendiri, dalam menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Kesatuan Republik Indonesia tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.

Kesadaran tersebut melandasi hubungan harmonis TNI-Rakyat yang senantiasa dibina dan dikembangkan agar terwujud ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh. Implementasi fungsi teritorial dilaksanakan kegiatan teritorial terdiri dari kegiatan pembinaan teritorial dan kegiatan operasi teritorial., “Imbuh Danramil Rubaru”.

“Saya sangat berterimakasih sekali kepada Babinsa atas bantuan tenaganya mudah-mudah apa yang dilakukanya bisa menjadi motifasi saya dalam membangun rumah sehingga cepat selesai”, Kata Bapak Ari.

(sur/fer)