Babinsa Koramil 0827/16 Gapura Pantau Ketersediaan Pupuk Bersubsidi di Desa Longos

0
65

Sumenep (Maduraexpose.com)– Sebagai upaya meningkatkan hasil produksi pertanian di, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0827/16 Gapura Serka Basuki melakukan pengecekan ketersediaan pupuk bersubsidi Desa Longos Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Sabtu (02/01/2020).

Saat kegiatan tersebut, Serka Basuki juga menyampaikan, bahwa pengecekan tersebut bertujuan untuk mendata dan mengetahui persediaan, serta penyaluran pupuk bersubsidi agar tepat sasaran demi kelancaran proses tanam pada Masa Tanam (MT) Padi Tahun 2020.

“Saat saya mengecek ketersediaan pupuk di kios, saya rasa untuk stok untuk pupuk jenis urea, phonska, SP36, ZA dan pupuk organik di wilayah Desa Longos hingga saat ini masih aman dan tidak mengalami kelangkaan. Demikian pula, dengan harganya sudah sesuai ketentuan yang ditetapkan pemerintah serta terjangkau oleh para petani,” ujarnya.

Selain itu, disampaikan Serka Basuki, bahwa pemantauan ketersediaan pupuk bersubsidi dilakukan secara rutin, sehingga nantinya dapat diketahui jumlah stok pupuk yang ada di kios-kios pertanian, dikaitkan dengan alokasi kebutuhan kelompok tani (Poktan) yang ada di wilayah tersebut.

“Dalam pemantauan ini, Babinsa juga terlibat, karena hal ini merupakan bagian dari upaya khusus pendampingan ketahanan pangan dalam mendukung dan menyukseskan pencapaian swasembada pangan yang diprogramkan pemerintah pusat,”imbuhnya. (fer)