Babinsa Koramil 0827/04 Motivasi Warga Bluto Aktif Bantu Perawatan Ternak Bebek

0
27

Sumenep (Maduraexpose.com) – Guna menghasilkan produk bebek yang berkualitas, dibutuhkan keterampilan dan pengetahuan yang mumpuni soal cara beternak yang benar hingga penggunaan vitamin atau obat untuk bebek. Menjalani usaha peternakan bebek ini tidak semudah yang dibayangkan.Dibutuhkan kecermatan, kesabaran, dan ketekunan untuk merawat unggas berkaki dua itu.

Di tengah kesibukannya Babinsa Koramil 0827/04 Bluto Serda Hariyanto menyempatkan diri anjangsana dan monitoring ke wilayah desa binaanya dengan Bpk Murakip (45) membantu melaksanakan perawatan ternak bebeknya di Desa Palongan Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep. Rabu (21/04/2021)

Sebagai garda terdepan dalam kegiatan teritorial Satuan, Babinsa selain harus menguasai geografi, demografi dan kondisi sosial di wilayah binaannya. Juga dituntut mempunyai pengetahuan dan kemampuan, yang dapat mendukung tugas-tugas di lapangan.

Untuk itu Babinsa selalu melaksanakan kegiatan komsos dan pendampingan terhadap peternak bebek diwilayah binaan.

Dalam kegiatan tersebut babinsa disamping melaksanakan pendampingan serta memberikan dorongan dan motivasi, babinsa juga mengingatkan agar tetap menjaga kesehatan, di tengah pandemi covid-19.

“Sehingga warga yang menggeluti usaha peternakan Bebek itu semakin bersemangat dan optimis, Apalagi beternak Bebek tidak terlalu merepotkan, namun hasilnya sangat menjanjikan,” Ungkapnya.

Usaha tidak menghianati hasil. Berkat konsistensi Bpk Murakip, ia meraih keuntungan yang cukup signifikan dalam beternak bebek berkat usaha dan ketekunanya.

Selain komsos, babinsa juga sambil berkonsultasi dengan Bpk Murakip dalam beternak bebek. Ia juga kerap memberikan keterampilan dalam hal strategi pemasaran dan penjualannya. Hal ini membuat peran dalam siklus ternak bebek menjadi lebih teratur dan imbang, sehingga harga jual di pasar tetap stabil serta meminimalisir kelebihan atau kekurangan stok.

“Saat ini yang dibutuhkan peternak adalah informasi, terutama tentang perkembangan penyakit dan cara menanggulanginya. Biasanya sakit apa, obat atau perawatannya harus bagaimana. Dengan harapan tidak ada kematian,” tutur Babinsa Serda Hariyanto (ima/put)

HotNews:  Babinsa Koramil 0827/07 Guluk - guluk Serda Racmad Kurniawan Bantu Pengecatan Rumah Warga Binaan