MADURAEXPOSE.COM– Musim penghujan tahun ini yang masih sering turun di wilayah Kabupaten Sumenep, sejumlah anggota Koramil 0827/21 Raas bersama puluhan warga Desa Brakas Kecamatan Raas, Kabupaten Sumenep, melakukan gotong-royong membersihkan saluran air yang berada di sisi kanan dan kiri jalan desa setempat, Sabtu (28/1/2017).‎

PLT Kepala Desa Brakas H. Suparwi menuturkan, aktifitas warga bersama anggota Koramil 0827/21 Raas dan anggota Forpimka Raas lainya ini untuk mengantisipasi kemungkinan banjir yang disebabkan mampetnya selokan. Karena biasanya, banjir yang kerap terjadi karena saluran air yang tersumbat baik oleh sampah rumah tangga maupun endapan lumpur.

“Kegiatan ini untuk mengantisipasi banjir dan warga sangat antusias saat melakukan kerja bakti, karena mereka mendapat motivasi dari Bapak-Bapak Babinsa dan Babinkamtibmas dan mereka juga sadar, banjir yang kerap terjadi tidak hanya disebabkan tingginya curah hujan, melainkan juga mampetnya saluran air,” kata , H. Suparwi sapaannya.

Komandan Rayon Militer 0827/21 Raas Kapten Inf Heri Suharminto menyebutkan, keterlibatan Koramil Raas dalam kerjabakti itu merupakan kompleksitas tugas tentara untuk menyatu bersama rakyat.

“Prinsipnya, apa yang menjadi kendala bagi masyarakat sedapat mungkin dapat diselesaikan oleh masyarakat desa tersebut. Disini tugas TNI hanya membantu, selain juga untuk menjaga keutuhan dan kondusifitas di masyarakat,” tuturnya.

Lebih lanjut dia berharap, setelah dibersihkannya saluran air tersebut, warga dapat terhindar dari banjir, serta wabah penyakit yang ditimbulkan oleh genangan air selokan yang biasanya menjadi sarang nyamuk dan menjadi sumber penyakit. [Purnomo/Arbania]

MADURA EXPOSE, MENGAWAL KEPASTIAN HUKUM