Anomali Cuaca, Petani Madura Nekad Tanam Tembakau

0
836

MADURAEXPOSE.COM,SAMPANG – Pentingnya hasil tembakau bagi para petani meski cuaca yang kurang mamadai dan waktu yang diperkirakan terlambat, petani masih memaksakan melakukan penanaman tembakau.

Pantauan maduraexpose.com, pasalnya, tembakau adalah satu-satu nya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan ekonomi warga, karena dari hasil temabakaulah yang cukup besar menjanjikan ke untungan, sabtu (16/07).

Hal ini disampaikan oleh Tomimah (35) tahun asal warga Dusun Pocolan Desa Taddan Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang mengatakan “mestinya penanaman tembakau dilakukan pada pertengahan bulan lima (Mei) namun karena kegagalan yang kami alami bulan itu, terpaksa kami melakukan penanaman kembali” katanya.

“kami telah empat kali ini melakukan penanaman tembakau yang tiga kali telah habis diguyur hujan, kami tak memerdulikan kerugian yang kami alami asal bibit yang bisa kami beli masih ada” imbuhnya.

Hal senada ungkapkan Nurhawi (37) tahun keluarga Tomimah mengatakan “bagi kami tak ada kata menyerah meski hasil yang kami peroleh hanya kegagalan, karena satu-satu nya keuntungan yang cukup besar bagi kami adalah hasil tembakau”ungkapnya.

“Kami hanya bisa berharap perjuangan kami membuahkan hasil yang maksimal, dan kami berharap ada bantuan yang bisa kami dapatkan dari instansi terkait mengingat sejauh ini belom ada bantuan sedikitpun yang dapat kami terima” pungkasnya. (Adi)