Sumenep (MaduraExpose.com)– Bertempat di Dusun Brambang Desa Kalimo’ok Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep Madura-Jawa Timur, dilahan milik Babak Fathorrahman dilaksanakan pengecekan tanaman padi oleh Babinsa Koramil 0827/02 Kalianget Serda Salim.

Serda Salim Babinsa Koramil 02/Kalianget mengatakan, untuk mencapai hasil yang maksimal, kami selaku Babinsa akan terus selalu mendampingi petani, dari penyiapan lahan sawah, penyemaian bibit, monitoring perkembangan dan kesuburan tanaman hingga panen dan penyaluran ke Bulog. “terangnya”.

“Selain itu, Babinsa dituntut juga agar mengetahui keluh kesah para petani dan pola tanam diharapkan sesuai dengan prosedur yang telah diajarkan baik dari PPL maupun dari Babinsa demi hasil yang maksimal”, kata Babinsa.

Kapten Inf. Suratman selaku Pasiterdim 0827 Sumenep dalam penyampaiannya bahwa kegiatan monitoring tanaman padi milik petani yang dilakukan para Babinsa dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan dan kesuburan tanaman serta mewaspadai terhadap penyebaran hama pada tanaman padi di wilayah khususnya di Dusun Brambang Desa Kalimo’ok Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep Madura-Jawa Timur. Rabu, (14/3/2018).

Bapak Fathorrahman Pemilik lahan sawah yang ditanami padi menjelaskan, yang mana dengan luas hamparan tanaman padi yang ditanamnya 1,6 Ha didalam perencanaan diperkirakan waktu panen nantinya mampu menghasilkan gabah 5,3 ton, untuk provitas jenis varietas ciherang dan untuk harga gabah GKP Rp: 3.500 untuk GKG Rp: 5.000.

Kegiatan tersebut dilakukan berdasarkan instruksi serta perintah langsung oleh Dandim 0827 Sumenep Letkol Inf. Ato Sudiatna melalui Danramil 02/Kalianget Kapten Inf. Taryono bahwasanya kepada seluruh Koramil jajaran yaitu Para Babinsa dilapangan diwajibkan untuk selalu melaksanakan pengecekan kesuburan tanaman padi di wilayah binaan masing-masing sebelum dipanen.

“Para Babinsa diminta mewaspadai terhadap penyebaran hama pada tanaman padi di wilayah binaan, harapannya dimasa musim panen nantinya dapat menghasilkan padi yang maksimal, upaya tersebut untuk mendukung program swasembada pangan di tahun 2018, dimana perlu ditindaklanjuti oleh para Babinsa di jajaran Kodim 0827/Sumenep khususnya Koramil 02/Kalianget” , tutup Kapten Taryono.

HotNews:  Jejak Digital Indra Wahyudi, Dari Ecek-Ecek Hingga Nyaris di Bogem Pegawai RSUD Sumenep

(sur/fer)

MADURA EXPOSE, MENGAWAL KEPASTIAN HUKUM