Pasang Iklan Tanpa Batas Hub.081332778300

MADURAEXPOSE.COM–
Kamis (3/8/2017) – Paskibra ( Pasukan Pengibar Bendera ) memegang peranan penting dalam peringatan HUT RI ke 72 tahun 2017 dalam tugas dan tanggung jawab tersebut Paskibra perlu persiapan sedini mungkin guna kelancaran pelaksanaan tugas tersebut.

Untuk mewujudkan hal itu, mulai Akhir bulan Juli tahun 2017, Tim seleksi Paskiba yang terdiri dari Anggota Kodim 0827 Sumenep, anggota Polres, Purna Paskibraka Indonesia (PPI), Diknas Sumenep mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk melatih putra dan putri terbaik untuk menjadi petugas Paskibra Kab. Sumenep‎.

Adapun 73 orang Paskibra yang di latih berasal dari seluruh SMA Negeri/Swasta, MAN dan SMK Se-Kab. Sumenep sedangkan 4 orang anggota Kodim yang di beri amanat untuk melatih Paskibra Kab. Sumenep yang dimulai akhir bulan Juli sampai menjelang pelaksanaan yaitu Kapten Inf Sarkun (Sebagai Koordinator Latihan) Pelda M. Hosni Marno Serka Eko Warsanto dan Serda Bharansyah.

Baris berbaris memegang peranan penting dalam palaksanaan pengibaran Bendera Sang Merah Putih. Derap langkah yang tegas dan kompak akan sangat mempengaruhi jiwa dan semangat Paskibraka untuk melaksanakan tugas. Kekompakan anggota Paskibraka tercermin dari sikap disiplin dalam melaksanakan baris berbaris dan membentuk formasi.

Para pelatih menjelaskan tata cara melipat bendera dengan teknik lipat genap. Teknik lipat genap sering digunakan karena kemungkinan kesalahannya sangat kecil. Maksudnya genap disini adalah jumlah lipatannya dapat 4, 6, 8, 10, asalkan genap dan disesuaikan dengan panjang bendera.
Keberhasilan latihan baris berbaris sangat tergantung pada kualitas dan kesanggupan seorang pelatih. Pelatih yang melatih hanya karena tugas tidak akan bisa mencapai hasil yang sempurna.

Pelatih baris berbaris harus mempunyai kemampuan ilmu melatih sesuai peraturan peraturan yang berlaku dan kemampuan psikologis untuk mengerti kemampuan anak didiknya. Pelatih yang berkualitas harus mempunyai dasar-dasar melatih dan mempersiapkan segala sesuatunya dengan sebaik-baiknya.‎ (pur/fer/mex)

HotNews:  Komsos Babinsa Koramil Bluto Mempererat Silaturrahim Dengan Warga