Tim Mabes TNI-AD Monitoring Serapan Gabah di Wilayah Sumenep

0
642

MADURA EXPOSE, SUMENEP–Kodim 0827 Sumenep, Madura, Jawa Timur melakukan monitoring dan pengawasan pelaksanaan serapan Gabah yang sudah dilaksanakan oleh Bulog dan Dinas pertanian serta di bantu oleh Kodim 0827 Sumenep beberapa waktu lalu di wilayah Madura.

Acara ini di hadiri oleh Tim Pengawasan serapan Gabah (Sergab) dari Mabes TNI – AD dan Dinas Pertanian, Kasdim 0827/ Sumenep Mayor Inf Koekoeh. WP dan Perwakilan bulog Drive Pamekasan.

Menurut Ketua pengawas Pusat Kolonel Arh. Zhakaria, Kolonel Inf Nazwardi Ilham, Pelaksanaan pemgawasan oleh tim dari Mabes TNI – AD dan Dinas Pertanian tersebut dilakukan, karena pelaksanaan Serapan Gabah (Sergab) merupakan bentuk kerjasama TNI dengan Pemerintah yang diwakili oleh Menteri Pertanian, dengan demikian swasembada beras yang di canangkan dan swasembada pangan oleh Pemerintah dapat terealisasi.

“Karena pelaksanaan Serapan Gabah ( Segab) di wilayah Madura khususnya masih belum memenuhi target yang diharapkan, maka kami harus memonitor hasil kegiatannya, dan mengevaluasi hasil dilapangan,” kata Ketua pengawas Pusat Kolonel Arh. Zhakaria Selasa (6/9/2016).

Dengan adanya Monitoring ini bertujuan untuk mensejahterahkan masyarakat khususnya petani sehingga para petani dapat menjual hasil panen ( Gabah) kepada Bulog dan tidak lagi di jual kepada tengkulak atau tradisi menimbun gabah di rumah.
“Pihak Bulog harus proaktif dan mencari solusi kalau perlu sebelum musim panen, pihak Bulog bisa memberikan dana kepada para petani dan nantinya diharapkan para Danramil atau Babinsa bisa dijadikan saksi dalam pembayaran kepada petani Gabah ” imbuhnya

Sementara Kapten inf Suratman, Pasi Ter Dim 0827 Sumenep menyatakan jika saat ini masih ada beberapa wilayah Kecamatan yang masih belum di datangi oleh pihak Bulog sehingga serapan Gabah khususnya wilayah Kabupaten Sumenep belum Maksimal, untuk hari ini pihak Bulog membeli Gabah milik petani di wilayah Kecamatan Dungkek sebanyak 4,6 ton dengan harga 4.600/ Kg, sampai berita ini di tulis Tim Sergab yang mendampingi pihak Bulog masih melakukan Sergab di wilayah Kecamatan Pasongsongan. Pungkasnya. [PURNOMO/FERRY ARB]