jamah-haji#Jamaah haji Indonesia (Ilustrasi Foto:Puji Nurani/MaduraExpose.com )

Sumenep (MaduraExpose.com)- Entah karena lupa tidak melunasi biaya penyelenggaran ibadah haji (BPIH), sebanyak enam Jamaah Calon Haji (JCH) gagal menunaikan ibadah haji ke Baitullah tahun ini.

Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kab.Sumenep memberikan prioritas kepada enam orang tersebut untuk bisa berangkat tahun depan. Hingga saat ini, masyarakat masih bertanya-tanya benarkah keenam orang tersebut tidak membayar BPIH?. Wajar saja, karena dari pihak Kemenag tak memberikan jawaban yang jelas tentang alasan ke enam JCH itu tak melunasi biaya yang dibutuhkan.

“Kami beri kesempatan mereka melunasinya, hingga yang bersangkutan dapat prioritas tahun depan berangkat”, ujar Abd.Azis, Kasi Haji dan Umroh Kemenag Sumenep, Madura.

Tahun ini jumlah lebih sedikit dari tahun 2013 lalu yang mencapai 6000-an. Sedang pada musim haji tahun ini, jumlah JCH hanya 543 orang.

Untuk keseluruhan, jumlah JCH asal Kabupaten Sumenep akan diberangkatkan pada tanggal 26 September melalui kloter 62 dan 64 embargasi Surabaya. (Asa/Fer)