Pasang Iklan Tanpa Batas Hub.081332778300

MADURAEXPOSE.COM–Lingkaran Survei Indonesia pimpinan Denny Januar Ali (LSI Denny JA) mempublikasikan hasil riset elektabilitas dua pasang calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta. Dalam hasil riset itu menunjukkan pasangan Anies-Sandi unggul dengan angka 49,7 persen, Ahok-Djarot 40,5 persen suara. Jadi hanya butuh 1 persen saja Pasangan Anies-Sandi jadi Gubernur DKI.

“Hasil survei menunjukkan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno unggul atas Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat dalam hal elektabilitas. Tapi ini hasil sementara ada undecided voters sebesar 9,8 persen,” kata Peneliti LSI Adjie Alfaraby dalam keterangannya, seperti dikutiup detik.com

Survei tersebut digelar sebelum kampanye Pilgub DKI putaran II yaitu pada 27 Februari sampai 3 Maret 2017. Survei dengan menggunakan metode multistage random sampling melalui wawancara tatap muka dengan 400 responden. Adapun Margin of errornya dari survei ini adalah 4,8 persen.

Adjie menjelaskan, selisih elektabilitas antara Anies dan Ahok, masih ketat yakni 9 persen. Survei LSI Denny JA juga menunjukkan bahwa berdasar sentimen agama, pasangan Anies-Sandi unggul di pemilih muslim. Adapun duet Ahok-Djarot menang di pemilih non-muslim.

Data LSI Denny JA menyebut dari 79,20 persen responden muslim, sebanyak 55,04 persen memilih Anies-Sandi. Sisanya mendukung Ahok-Djarot. Di kalangan pemilih non muslim yang jumlahnya sekitar 20,80 persen, sebanyak 86,58 persen di antaranya mendukung Ahok-Djarot.

Sedangkan berdasarkan latar belakang ekonomi responden, Anies-Sandi unggul di pemilih kelas menengah ke bawah, sementara Ahok-Djarot unggul di kelas menengah ke atas. Di kelas menengah ke atas yang pendapatannya Rp 3,5 juta ke atas, Ahok-Djarot unggul. (edn/jup)