SDN Gadu Barat I Ganding, Ikuti Giat Pekan Pancasila

0
409
Pasang Iklan Tanpa Batas Hub.081332778300

MADURAEXPOSE.COM–Sumenep – Sebanyak ratusan pelajar Putra dan Putri serta Guru SDN 1 Gadu Barat Kecamatan Ganding mengikuti kegiatan Pekan Pancasila yang diselenggarakan oleh Koramil 0827/08 Ganding, Kodim 0827 Sumenep di Aula sekolah SD Negeri 1 Gadu Barat, Kecamatan Ganding Kabupaten Sumenep, Jumat (8/6/2017).


Danramil 0827/08 Ganding Kapten Inf Teguh selaku koordinator kegiatan menuturkan bahwa kegiatan ini diselengarakan dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila guna menumbuh kembangkan semangat dan kepribadian Pancasila di kalangan generasi muda, khususnya pelajar sejak dini, sehingga generasi muda kita tidak mudah di pengaruhi paham lain yang tidak sesuai dengan karakter Bangsa Indonesia.‎

Selain itu, Pekan Pancasila ini guna mengingatkan kembali tentang dasar-dasar Pancasila dan untuk mengenakan lagi Pancasila kepada para generasi muda, sehingga diharapkan seluruh komponen bangsa Indonesia dari yang paling muda sampai usia tua dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kapten Teguh menjelaskan bahwa Pancasila juga merupakan jiwa dan kepribadian bangsa Indonesia. Karena Pancasila memberikan corak yang khas kepada bangsa Indonesia dan tak dapat dipisahkan dari bangsa Indonesia, serta merupakan ciri khas yang dapat membedakan bangsa Indonesia dari bangsa yang lain‎ “Oleh karena itu, sangat penting untuk menanamkan jiwa dan kepribadian Pancasila kepada para generasi muda, sehingga nantinya mereka dapat tumbuh dan mengamalkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila, sebagai bekal mereka sebagai generasi penerus bangsa,” ujar Danramil.

Pada kesempatan tersebut, pihak sekolah SD Negeri 1 Gadu Barat, mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan Pekan Pancasila yang tentunya sangat bermanfaat bagi anak – anak didiknya dan mengharapkan kegiatan positif tersebut dapat terus dilanjutkan.

Adapun materi yang diberikan dalam kegiatan Pekan Pancasila tersebut antara lain Wawasan Kebangsaan (Wasbang) Pancasila, Wasbang Bhinneka Tunggal Ika. Materi permainan Outbound diantaranya Peraturan Baris Berbaris (PBB), permadani terbang, tongkat estapet, bola tali.‎ [PUR/FER]