Capek Scroll: Baca Berita Penting Aja!!!

 


Hot Expose

Role Model Pemberantasan Mafia Tanah

224
×

Role Model Pemberantasan Mafia Tanah

Sebarkan artikel ini
Ist-deti-News

JURNAL PERGURUAN TINGGI — Saat ini, permasalahan tanah semakin pelik dan ruwet sebab melibatkan para mafia yang melakukan tindak kejahatan terorganisasi.

Bahkan kejahatan para mafia tanah ini sulit dilacak secara hukum, karena mereka berlindung di balik penegakan dan pelayanan hukum.


Karena itu, negara sudah saatnya membuat role model untuk memberantas mafia tanah. Sedikitnya ada tiga role model, pertama, mengoptimalkan Satuan Tugas Anti Mafia Tanah. Kedua, sinkronisasi hukum antara hukum pertanahan dan teknologi informasi hukum pidana yang berkaitan dengan masalah pembuktian kepemilikan hak atas tanah.

Ketiga, kepolisian dapat meminta bantuan misalnya (Pusat Penelitian Analitis dan transaksi keuangan (PPATK) untuk menyusuri aliran dana hasil kejahatan dengan menggunakan delik tidak pidana pencucuian uang. Sehingga hasil kejahatan dapat dikembalikan kepada pihak yang dirugikan.

Demikian diungkapkan Dr Aarce Tehupeiory, SH, MH, Dosen Pasca Sarjana, Progran Doktor Hukum Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta dalam orasi ilmiah pada Wisuda Sarjana Universitas Proklamasi (UP) 45 Yogyakarta, Sabtu (13/5/2023). Praktik mafia tanah terjadi akibat pemalsuan dokumen, pemalsuan surat keterangan tanah dan pengubahan batas tanah.

Dijelaskan Aarce, penyebab maraknya kasus mafia tanah akibat data pertanahan tidak akurat. Modus yang dilakukan mafia tanah dengan cara pemufakatan jahat sehingga menimbulkan sengketa, konflik dan perkara pertanahan.

Pemufakatan jahat tersebut di antaranya, pertama, Kepala Desa membuat salinan girik, membuat surat keterangan tidak sengketa, membuat surat keterangan penguasaan fisik atau membuat surat keterangan tanah lebih dari satu kepada beberapa pihak untuk bidang tanah yang sama.

 


HotNews:  Diduga Aliran Sesat, Kiai Ini Bolehkan Santrinya Bertukar Istri, Boleh Gituan Asal Suka Sama Suka
---
***