Scroll untuk baca artikel
DAERAH

Puskesmas Lubeg Berikan Pelayanan Kesehatan Sistem Jemput Bola

Avatar photo
56
×

Puskesmas Lubeg Berikan Pelayanan Kesehatan Sistem Jemput Bola

Sebarkan artikel ini

Maduraexpose.com- Sejumlah tenaga kesehatan dari Puskesmas Lubuk Begalung (Lubeg), nampak sibuk melayani sejumlah warga yang datang memeriksakan kesehatan, Sabtu (17/02/2024).

Yang menarik, kegiatan ini bukan dilakukan di dalam gedung puskesmas, melainkan di halaman parkir sebuah bank, tepat di samping pasar Parak Laweh Kecamatan Lubuk Begalung.

Kepala Puskesmas Lubuk Begalung dr Sari Ramadhani menjelaskan, layanan jemput bola ini merupakan salah satu upaya dari Puskesmas Lubuk Begalung, guna memastikan masyarakat mendapatkan layanan kesehatan.

“Hari ini kita datang langsung ke pusat keramaian warga, yakni pasar, guna menjangkau langsung warga yang membutuhkan pelayanan kesehatan,” ujar Sari.

Sari menjelaskan kegiatan ini bekerjasama dengan dokter muda dari Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (UNAND).

Adapun layanan yang diberikan lanjut Sari, difokuskan pada pemeriksaan Penyakit Tidak Menular (PTM), seperti pemeriksaan gula darah, pemeriksaan tensi, tinggi dan berat badan, serta lingkar pinggang.

Selain melakukan pemeriksaan PTM, kegiatan juga diisi dengan edukasi dan pemahaman tentang gizi seimbang dari ahli gizi Puskesmas Lubeg.

“Kita mendorong warga untuk rutin memeriksakan kesehatan, karena PTM erat hubungannya pola hidup ataupun kebiasaan sehari-hari yang tidak sehat,” pungkas Sari.

------------------------