Scroll untuk baca artikel
Pertahanan

Poktan Desa Gunggung Antusias Dapat Sosialisasi Jagung Silase Dari Dandim Sumenep

Avatar photo
70
×

Poktan Desa Gunggung Antusias Dapat Sosialisasi Jagung Silase Dari Dandim Sumenep

Sebarkan artikel ini

SUMENEP – Dandim 0827/Sumenep, Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi, S.E.,M.Si., kembali menggelar sosialisasi program ketahanan pangan nasional (tanam jagung silase) kepada kelompok tani (Poktan).

Kegiatan dilakukan di Balai Desa Gunggung, Kecamatan Batuan, Kabupaten Sumenep, Jum’at (4/8/2023).

Dandim Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi, mengatakan, dalam silaturahim ini kami sosialisasikan program ketahanan pangan jagung silase yang merupakan program besar Kodim untuk mengembalikan masa kejayaan Madura, khususnya jagung dan sapi.

“Secara historis bahwa Madura pada prinsipnya cocok dalam menanam jagung dan sapi. Di Sumenep sendiri tercatat sekitar 780.000 sapi potong dan belum ada kandang besar,” paparnya.

Mengenai peternakan sapi Madura, ia berujar bahwa ada potensi untuk berkembang, namun caranya yang belum ketemu khususnya dalam penyiapan pakan.

“Untuk sapi Madura harus adaptasi dengan pola pakan baru seperti silase dengan harapan dapat nambah gizi, agar bobotnya bertambah,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa masa panen untuk jagung silase selama 85 hari, tidak kurang dan tidak lebih dari itu, dan itu lebih menguntungkan dari segi ekonomi petani dalam masa panen lebih cepat.

Pihaknya berharap para petani di Desa Gunggung ikut melaksanakan program ketahanan pangan tanam jagung silase.

“Ini demi meningkatkan perekonomian masyarakat, sehingga ke depannya masyarakat di gunggung dapat berkontribusi dalam mengembalikan masa kejayaan Madura,” kata Letkol Donny.

Lanjutnya “Saya harap dengan adanya Sosialisasi ini masyrakat bisa ikut dalam proses tanam jagung”, imbuhnya.

------------------------