MADURA EXPOSE–Bintara Pembina Desa (BABINSA) Koramil 0827 /08 Ganding Kodim 0827 / Sumenep bersama kelompok tani bersinergi untuk melakukan perawatan tanaman Jagung seluas kurang lebih 5 Ha dengan menggunakan bibit jagung Hyprida di Desa Rombiya Timur Kecamatan Ganding Kabupaten Sumenep. Sabtu ( 16/07/2016 )

PLH Danramil 0827 / 08 Ganding Sersan Mayor Heri Setiono saat ditemui disela-sela aktifitasnya mengatakan petani perlu mendapat motivasi dengan pendampingan terkait pola tanam. Jagung yang menggunakan bibit lokal maupun Hyprida dengan harapan tingkat pertumbuhan rumpun jagung nantinya akan baik dan meningkatkan produktivitas panen.

“Babinsa bersama petugas penyuluh lapangan (PPL) mendampingi petani dalam perawatan tanaman jagung karena saat ini memasuki masa tanam periode ke dua sebagian areal Tegalan dan di dataran ketinggian ” sambung Sersan Dua Sofyan Babinsa Rombiy Timur Kecamatan Ganding.

“Pada program ketahanan pangan di wilayah Kodim 0827 Sumenep, seluruh Babinsa di Jajaran di perintahkan untuk melakukan tugas pendampingan kepada petani dan kegiatan membantu petani untuk bersinergi dengan program pemerintah pusat mengenai ketahanan pangan,” tuturnya.

Menurutnya, tidak semua petani memahami dan setuju terhadap bibit jagung Hyprida karena mereka sudah terbiasa menanam menggunakan bibit lokal tetapi berdasarkan teori ahli, sistem tersebut mampu meningkatkan produktivitas sekitar 30 persen per hektarnya.

“Anggota TNI bersama UPT Pertanian dan PPL berupaya mengoptimalkan lahan tersebut guna mewujudkan target ketahanan pangan di Kabupaten Sumenep khususnya di Kecamatan Ganding,” katanya.

Sementara itu Ahmad Ruba’i (45 Tahun) menyampaikan terima kasih kepada Bapak TNI dari Koramil 0827/ 08 Ganding khususnya Babinsa Billa Pora Barat karena sudah melakukan pendampingan dan pengawasan kepada petani sehingga berbagai permasalahan tanaman jagung maupun lainya dapat kami atasi bersama.

“Sebelumnya PPL jarang sekali memberikan pendampingan karena jumlah mereka yang terbatas, namun dengan adanya keterlibatan TNI melalui Babinsa tentunya memberikan motivasi tersendiri bagi para petani,” tuturnya.

Ia berharap pendampingan Babinsa dilakukan secara kontinyu dan berkesinambungan, sehingga diharapkan TNI selalu dapat membantu petani yang membutuhkan pendampingan.

MADURA EXPOSE, MENGAWAL KEPASTIAN HUKUM