Pengamat: Kontribusi Nyai Eva Sangat Besar Untuk Kemenangan Achmad Fauzi

0
319

Sumenep (Maduraexpose.com)–Banyak pihak menilai jika pilkada Sumenep akan dimenangkan oleh pasangan calon Achmad Fauzi-Dewi Khalifah yang diusung oleh Partai Gerindra, PAN, PBB, PDI Perjuangan.

Hal itu disampaikan analis politik dari Sumekar Network Tedy Muhtadi dalam bincang politik bersama sejumlah tokoh muda Sumenep baru-baru ini. Menurutnya, prediksi kemenangan paslon nomor urut 1 itu terlihat dari dukungan masif dari kalangan emak-emak, baik yang tergabung dalam organisasi Muslimat NU maupun ibu-ibu rumah tangga biasa.

“Sosok Nyai Eva itu sudah melekat dihati masyarakat, terutama dikalangan Ibu-Ibu dan Muslimat NU. Dulu Pak Fauzi jadi lawan dan sekarang bersatu untuk memenangkan Pilkada Sumenep. Saya pikir mereka sulit dikalahkan oleh teori apapun,” ujarnya kepada Redaksi Maduraexpose.com, Rabu 4 November 2020.

Tedy juga mengungkap soal capaian-capain Nyai Eva dalam membesarkan Muslimat NU di Sumenep seperti halnya pengembangan jaringan organisasi keagamaan, bidang pelayanan, pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan sosial budaya.

Hal senada juga pernah diakui sendiri oleh Nyai Eva, bahwa sejak dirinya memegang kendali sebagai Ketua PC Muslimat NU di Kabupaten Sumenep, kedekatan dirinya dengan tokoh kepulauan dan daratan memang sangat kuat. Bahkan dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa,

“Sejak saya memimpin Muslimat NU, pertama yang kami lakukan adalah pengembangan jaringan organisasi yang saat ini sudah mencapai 372 ranting Muslimat NU yang tersebar di daratan dan kepulauan,” demikian Nyai Eva dalam sebauh sesi wawancara sebelumnya dengan awak media.

Bahkan Nyai Eva juga mengakuai, bahwa di Kabupaten Sumenep ada lima cabang Muslimat NU yang terdiri dari tiga Cabang di Kepulauan dan 2 cabang di Kecamatan daratan yang ikut Cabang Kangean dan Cabang Masalembu.

“Namun garis koordinasinya tetap ke PC Muslimat NU Sumenep dibawah naungan Korda Muslimat NU Se-Madura,” paparnya.

Berbeda dengan politisi kebanyakan, Nyai Eva tak hanya piawai berdakwah lewat ceramah-ceramahnya yang memukau. Lebih dari itu, perempuan cantik ini juga dikenal sangat gigih dalam berdakwah dengan perbuatan (bil haal). Salah satunya dalam memajukan organisasi Muslimat NU Sumenep.

“Prinsip saya, dakwah billisan (ceramah) itu tidak cukup, harus dibarengi dengan dakwah bil hal. Ini yang kami lakukan dibawah dalam melayani masyarakat terutama kaum ibu-ibu dan muslimat,” terangnya panjang lebar.

Adapun Dakwah bil hal yang dimaksud Nyai Eva, meliputi kegiatan-kegiatan sosial kegamaan.
“Sedangkan dakwah lisan dilakukan kami kemas dalam bentuk majlis Ta’lim, yang terhimpun didalam da’iah Muslimat NU dan majlis ta’lim di seluruh tingkatan ranting atau Desa,” Nyai Eva menambahkan.

Khusus pembinaan bidang pendidikan, dijelaskan Nyai Eva, adalah dengan dnegan melakukan pembinaan langsung kepada lembaga pendidikan yang mencakup TK, RA, dan PAUD se Kabupaten Sumenep.

“Muslimat NU memiliki yayasan sendiri , yakni Yayasan Muslimat NU yang memberikan binaan terhadap TK, RA dan PAUD se Kabupaten Sumenep,” paparnya,”pungkasnya. [Ferry Arbania]