Penderita Maag Kronis, Disarankan Buka Puasa ini

0
706
Indahnya buka puasa bersama di bulan suci Ramadhan (istimewa)

Jenis Makanan Untuk Maag Kronis Yang Disarankan bagi Anda termasuk yang saat ini menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Berikut catatan penting yang kami rangkum dari situs resmi halosehat.com:

Asam Amino. Beberapa ahli gizi menyarankan asupan asam amino yang merupakan protein dapat membantu menyembuhkan luka sakit maag. Tempe yang hanya dikukus akan membantu menyembuhkan sakit maag.

Tempe mengandung senyawa anti inflamasi (anti peradangan) dan kaya akan protein. Protein kompleks dalam tempe sudah dicerna kapang atau jamur sehingga siap diserap oleh tubuh. Kulit kedelai yang kertas juga akan menjadi lembek sehingga lebih mudah dicerna. Tempe akan memperbaiki gangguan lambung dan sistem pencernaan yang rusak.

Vitamin E dalam Makanan. Vitamin E yang terdapat dalam makanan seperti dalam kemiri, gandum, minyak biji bunga matahari, serta minyak kedelai akan meringankan luka lambung.

Minum Yoghurt. Makanan terbaik untuk membantu penyembuhan dan mengurangi risiko ulkus (luka) lambung adalah yoghurt tanpa lemak.

Zat Antioksidan. Makanan yang memiliki zat antioksidan akan mengurangi risiko luka lambung dan usus, serta meredakan gejala sakit maag. Vitamin C (dalam sayuran) dan betakaroten (dalam wortel) yang akan melindungi lapisan lambung dan usus. Terdapat dalam wortel, kangkung, kubis, brokoli, buah kiwi, dan aprikort.

Aneka bahan yang lembut. Kebanyakan jenis daging yang dicincang lembut, unggas tanpa kulit, ikan, seafood, kerang, serta tahu dan kedelai ditoleransi untuk penyakit maag.

Makanan yang berserat. Meningkatkan makanan dengan asupan serat dapat membantu mengurangi ulkus (luka) pada lambung dan usus (duodenum) karena akan memperkuat lapisan pelindung dalam perut dan usus.

Mengandung omega 3. Penderita disarankan memakan makanan yang mengandung Omega 3, yaitu sejenis lemak baik yang akan membantu untuk meningkatkan produksi senyawa yang melindungi lapisan pencernaan. Omega 3 ditemukan dalam ikan berminyak seperti tenggiri, sarden, herring, dan salmon.

(has/fer)