Peduli Petani Tembakau, Wabup Fauzi Turun Gunung

0
124

SUMENEP, MADURAEXPOSE.COM–Petani Tembakau Krisis Kekeringan, Wabup Fauzi Perintahkan Dinas Pertanian supaya ikut Turun Gunung
mendampingi Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengaku prihatin melihat keluhan petani tembakau disejumlah wilayah barat kota yang mengalami krisis air seperti yang terjadi di Desa Prancak dan Montorna, Kecamatan Pasongsongan, Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Untuk itu Wabup turun langsung meninjau lahan tembakau tani di sejumlah tempat di Kecamatan Pasongsongan tersebut. Pihaknya menargetkan ada penyelesaian dengan solusi melalui dinas terkait, yang dalam hal ini Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Sumenep.

Wabup Fauzi juga menyinggung soal Program Pompa Air Tanpa Mesin (PATM) yang difungsikan untuk memenuhi kebutuhan air ke seluruh lahan pertanian ataupun perkebunan petani.
“PATM ini sangat penting untuk mengairi lahan pertanian di desa ini,” ujar Wabup Sumenep Achmad Fauzi didepan sejumlah petani, Kelompok Tani dan Dinas terkait.

K. Adhim salah satu tokoh masyarakat yang mendampingi Wabup Fauzi merespon apa yang disampaikan orang nomor dua di Kabupaten Sumenep tersebut. Menurutnya, pemanfaatan PATM ini sangat dibutuhkan untuk menyuplai air ke semua lahan pertanian warga.

“Diharapkan air cukup, sehingga lahan pertanian, semua areal budi daya tanaman di semua sektor baik pertanian maupun perkebunan, dari tembakau utamanya, dan dari holtikultura. Kami juga di sini mengembangkan tanaman buah-buahan. Ini harapan besar kami,” ujarnya. [*]