Sumenep (Maduraexpose.com) – Kesadaran masyarakat dalam berpartisipasi bidang keamanan dan ketertiban, merupakan potensi pengamanan swakarsa yang perlu dilestarikan dan ditingkatkan guna menumbuh kembangkan sikap mental, kepekaan dan daya tanggap setiap warga masyarakat dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban disetiap lingkungannya masing-masing wilayah.

Didalam Komunikasi antara beberapa warga dengan Babinsa koramil 17/Dungkek Koptu Agus Kusyanto yakni membahas perlunya di tingkatkan lagi siskamling. Senin, (4/12/2017).

Danramil 0827/17 Dungkek, Kapten Chb. Hunan Yuliantoro menjelaskan kesadarn dalam melaksanakan siskamling juga merupakan salah satu model Polmas (Polisi Masyarakat) dalam memberikan wadah komunikasi serta informasi secara external (dari dan bagi masyarakat) dalam rangka menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat di setiap waktu dan merupakan potensi pengamanan swakarsa yang berazaskan gotong royong, kerjasama, budaya paguyuban yang menjiwai dalam setiap kehidupan masyarakat khususnya di kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep untuk memenuhi kebutuhan rasa aman.

Memang kegiatan siskamling itu perlu karena bisa dimanfaatkan untuk memberikan informasi, sebagai mata dan telingan serta penjaga keamanan disaat warga di Desa bungin-bungin, Kecamatan Dungkek khususny yang lagi pada beristirahat setelah aktivitas seharian.”Kata Koptu Agus Kusyanto”.

“Saya selaku Babinsa menghimbau dan saya akan berkoordinasi dengan Babinkamtibmas dan aparat Desa agar diaktifkan kembali Siskamling, karena kegiatan siskamling ini penting dengan maksud dan tujuan agar wilayahnya aman dan kondusif karena keamanan itu hak dan tanggung jawab bersama bukan hanya monopoli aparat keamanan saja”, Imbuh Babinsa.

Menurut pengakuan salah satu warga, Babinsa selain melaksanakan pendampingan kepada kelompok tani dan menyempatkan diri untuk berkomunikasi serta menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan kamtibmas.

“Terima kasih atas kedatangan Bapak Babinsa mudah-mudahan situasi di wilayah Desa Desa bungin-bungin, Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep tetap aman dan kondusif,” ujar salah satu warga.

MADURA EXPOSE, MENGAWAL KEPASTIAN HUKUM

(sur/fer)