ist/google

MaduraExpose.com- Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Kusnadi menargetkan untuk memenangi pemilu kepala daerah (pilkada) Sumenep, Madura. “Pilkada Sumenep 2010 memang telah berlalu. Namun, semangat juang pilkada Sumenep 2010 harus dilanjutkan ke pilkada Sumenep 2015,” ujarnya dalam ‘Silaturrahim dan Konsolidasi Internal DPC PDI Perjuangan Sumenep’.

MADURA EXPOSE, MENGAWAL KEPASTIAN HUKUM

Apalagi, kata dia, PDI Perjuangan kemungkinan besar akan berkoalisi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang pada Pilkada Sumenep 2010 telah mengantarkan kandidatnya sebagai bupati-wakil bupati setempat periode 2010-2015.

“Figur yang akan diusung pun kemungkinan besar adalah petahana, yakni A Busyro Karim. Artinya, pengurus dan kader PDI Perjuangan bersama PKB bisa dibilang sudah dalam satu barisan dan tinggal melanjutkan pergerakan dan perjuangan untuk memenangi Pilkada Sumenep 2015,” ucapnya.

Masa jabatan A Busyro Karim-Soengkono Sidik sebagai Bupati-Wakil Bupati Sumenep periode 2010-2015 yang merupakan hasil pilkada langsung setempat pada 2010, akan berakhir pada Oktober 2015. Pada Pilkada 2010, pasangan Busyro-Soengkono diusung oleh koalisi PKB dan PDI Perjuangan.

“Namun, memang ada perbedaan antara Pilkada Sumenep 2010 dengan 2015. Pada Pilkada Sumenep 2015, hasil komunikasi awal hingga terakhir antara pengurus PDI Perjuangan dengan PKB sudah sepakat untuk mengusung figur lain pada posisi bakal calon wakil bupati, yakni A Fauzi,” kata Kusnadi.

Dia juga mengemukakan, hingga sekarang rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan tentang bakal calon bupati-calon wakil bupati yang akan diusungnya pada Pilkada Sumenep 2015, memang belum turun.

“Namun, A Busyro Karim dan A Fauzi sudah menjalani serangkaian proses penyaringan dan penjaringan kandidat pilkada yang dilakukan oleh PDI Perjuangan maupun PKB. Insya Allah, mereka yang akan diusung sebagai kandidat pilkada oleh koalisi PDI Perjuangan dan PKB,” ujarnya, menegaskan.

Silaturrahim dan Konsolidasi Internal DPC PDI Perjuangan Sumenep di aula salah satu hotel setempat itu juga dihadiri oleh A Busyro Karim dan A Fauzi yang disebut-sebut akan diusung sebagai kandidat pilkada oleh koalisi PDI Perjuangan dan PKB.

“Kami juga menunggu rekomendasi dari DPP PKB. Insya Allah, PKB Sumenep berkoalisi dengan PDI Perjuangan dan kandidat yang akan diusungnya sudah pasti (Busyro-Fauzi),” kata A Busyro Karim yang juga Ketua DPC PKB Sumenep. Sesuai Peraturan KPU RI Nomor 2 Tahun 2015, Pilkada Sumenep akan digelar pada 9 Desember 2015.

(ROL)