Sedangkan, Post audit dilaksanakan dengan menggunakan prosedur auditing yang secara umum digunakan. Kontraktor KKS secara internal melakukan audit atas laporan keuangan mereka. Sedangkan audit terhadap Kontraktor KKS yang berkaitan dengan kepentingan pemerintah dilakukan oleh SKK Migas, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), dan Direktorat Jenderal Pajak.

Bagaimana kita bisa mengukur seberapa besar kinerja industri hulu migas terhadap penerimaan negara? Hal yang penting adalah Lifting minyak dan gas bumi (migas) menjadi tolak ukur utama kinerja industri hulu migas karena langsung mempengaruhi penerimaan negara. Sebagai informasi, lifting migas adalah produksi migas yang siap jual.

Besaran lifting ini bisa berbeda dengan besaran produksi karena tidak semua produksi migas yang baru keluar dari dalam bumi bisa langsung dijual. Karena ada produksi migas yang masih harus diproses atau diangkut sebelum menjadi lifting. Lifting juga kerap dipakai untuk menggambarkan proses penyerahan migas dari produsen kepada pembeli. SKK Migas bertanggung jawab dalam mengawasi proses lifting migas secara teknis.

MADURA EXPOSE, MENGAWAL KEPASTIAN HUKUM