Marak Penipuan CPNS, Sekdakab Sumenep: Jangan Mudah Tergoda

0
71
Ilustrasi peserta CPNS 2021/Net

Sumenep (Maduraexpose.com)– Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumenep, Ir. Edy Rasiyadi, M.Si meninjau pelaksanaan Computer Assisted Test (CAT) Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan PPPK Kabupaten Sumenep, di Universitas Bahaudin Mudhary (Uniba) Madura Batuan.

Sekda Edy Rasiyadi mengatakan, pihaknya sengaja melihat langsung SKD untuk mengetahui prosesnya sudah berjalan lancar tanpa ada masalah mulai hari pertama hingga terakhir, baik itu aliran listrik maupun jaringan intenet, sehingga tidak menghambat pelaksanaan CAT.

“Pemerintah Kabupaten Sumenep untuk keterbukaan hasil atau nilai peserta SKD telah menyediakan layar monitor di lokasi, bahkan pengumuman secara Live Score pada kanal Youtube ( https://www.youtube.com/watch?v=9Gq1JCFi6cY ), agar masyarakat mengetahui secara langsung hasilnya,” kata Sekda di sela-sela peninjauannya, Kamis (23/09/2021).

Selian itu, dirinya juga memberikan pengarahan kepada peserta sebelum mengikuti SKD untuk mempersiapkan diri, karena pelaksanaan tes ini dilakukan secara transparan dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) untuk menguji kemampuan dasar peserta.

“Yang jelas, peserta sendiri sebagai penentu lolos atau tidakanya dalam tes ini, karena pelaksanaannya secara terbuka. Jadi peserta harus menyiapkan diri secara maksimal untuk mengikuti tahapannya,” imbuh Sekda.

Sekda Edy Rasiyadi berharap, peserta tes tidak mudah percaya bujuk rayu para calo yang mengiming-imingi bisa meloloskan sebagai CPNS, mengingat pelaksanaan tes ini dilakukan melalui sistem CAT.

“Sekali lagi, jangan mudah tergoda atau percaya dengan siapapun yang berjanji bisa meloloskan peserta menjadi CPNS. Manakala ingin lulus harus mempersiapkan diri dengan maksimal dan jaga kesehatan agar bisa mengikuti ujian dengan baik,” tandasnya.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sumenep, Abd. Madjid mengungkapkan, peserta yang ikut tes seleksi sudah dinyatakan Memenuhi Syarat (MS).

HotNews:  Tak Punya Kursi DPRD, Said Abdullah "Semprot" DPC PDI Perjuangan Pamekasan

“Pelaksanaan tes CPNS digelar sejak tanggal 23 hingga 26 September 2021. Sedangkan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada tanggal 27 September 2021 bertempat di Kampus UNIBA Batuan,” jelasnya.

Data jumlah Peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS tahun 2021 dan Peserta PPPK Non Guru Kabupaten Sumenep yang Memenuhi Syarat (MS), sebanyak 1.445 orang, dengan rincian Formasi Khusus CPNS Cumlaude sebanyak 9 orang dan Formasi Umum sebanyak 1.216 orang, terdiri dari Tenaga Kesehatan sebanyak 29 orang, serta Tenaga Teknis sebanyak 1.187 orang. Sedangkan Formasi PPPK untuk Tenaga Kesehatan sebanyak 220 orang. (sik/er)