Mabes TNI dan Tim Sergap ke Sumenep

0
928
kunjungan Tim pengawas Serapan Gabah

Tim Pengawasan serapan Gabah ( Sergab) dari Mabes TNI dan Dinas Pertanian, Kepala BPTP Pusat, kepala BPTP Propinsi Jawa Timur, Perwira Pendamping Dari Korem 084/ Bhaskara Jaya dan Perwakilan bulog Drive Pamekasan, melakukan monitoring dan pengawasan pelaksanaan serapan Gabah yang sudah di laksanakan oleh Bulog dan Dinas Pertanian serta dibantu oleh Kodim 0827 Sumenep, beberapa waktu lalu di wilayah Madura khususnya di Kabupaten Sumenep.

Sedangkan pelaksanaan pemgawasan oleh tim dari Mabes TNI dan Dinas Pertanian Propinsi Jatim tersebut dilakukan, karena pelaksanaan Serapan Gabah ( Sergab) merupakan bentuk kerjasama TNI dengan Pemerintah yang diwakili oleh Menteri Pertanian dengan demikian swasembada beras yang di canangkan dan swasembada pangan oleh Pemerintah dapat terealisasi.

“Karena pelaksanaan Serapan Gabah ( Segab) di wilayah Madura khususnya masih belum memenuhi target yang diharapkan, maka kami harus memonitor hasil kegiatannya, dan mengevaluasi hasil dilapangan,” kata Kolonel Czi Gumuruh ( Ketua Pengawas Pusat ), Senin ( 13 /6 / 2016).

Tim Pengawas dari tingkat pusat yang datang ke Kodim 0827 Sumenep dan didampingi dari Ster Rem 084/ BJ dan BPTP Prov Jatim, diterima oleh Komandan Kodim 0827 / Sumenep Letkol Inf Budi Santosa S.sos di ruang Data Makodim 0827 / Sumenep Selanjutnya rombongan Tim mengadakan koordinasi dan Evaluasi dengan Kepala Dinas Pertanian Sumenep, Perwakilan Bulog Kab. Sumenep, Perwakilan UPT Pertanian, Perwakilan Gakpoktan, Perwakilan Pengusaha. Dan Petani Gabah guna mencarikan solusi yang terbaik sehingga para petani bisa menjual hasil panen ( Gabah) kepada Bulog dan tidak lagi di jual kepada tengkulak atau tradisi menimbun gabah di rumah.

“Pihak Bulog harus proaktif dan mencari solusi kalau perlu sebelum musim panen, pihak Bulog bisa memberikan dana kepada para petani dan nantinya diharapkan para Danramil atau Babinsa bisa dijadikan saksi dalam pembayaran kepada petani Gabah ” imbuhnya

Sementara Kapten inf Suratman, Pasi Ter Dim 0827 Sumenep dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sumenep menyatakan jika tidak ada halangan pada hari senin depan akan melaksanakan peninjauan ke lokasi pertanian atau sawah yang padinya sudah siap panen.[Pur/Fer/***]