Maduraexpose.com–Pada pagi tadi, Selasa 1 Oktober 2019, pelantikan 136 anggota Dewan Perwakilan Daerah atau DPD 2019-2024 sudah berlangsung di Kompleks Parlemen, Senayan. Malam ini, agenda di gedung ‘kura-kura ‘ berlanjut untuk menentukan pimpinan DPD.

Berdasarkan Peraturan DPD Nomor 2 Tahun 2019 tentang Tata Tertib (Tatib), pimpinan DPD terdiri atas empat orang. Mereka merupakan ketua dari tiap sub wilayah yang akan dipilih satu menjadi ketua. Keempat sub-wilayah dimaksud, sub-wilayah timur I, sub-wilayah timur II, sub-wilayah barat I, dan sub-wilayah barat II.

Setelah pemilihan yang berlangsung secara musyawarah mufakat, terpilihlah empat nama yang bakal menduduki kursi ketua DPD masa bakti 2019-2024. Mereka adalah Sultan Bachtiar Najamuddin mewakili Wilayah Barat I, La Nyalla Matalitti perwakilan Wilayah Barat II, Mahyudin perwakilan Wilayah Timur I, serta Nono Sampono mewakili Wilayah Timur II.

Salah satu pimpinan, yaitu Mahyudin terpilih secara aklamasi. “Alhamdulilah, saya terpilih menjadi salah satu pimpinan DPD secara aklamasi,” kata Mahyudin, dikutip dari VIVAnews, Selasa 1 Oktober 2019.

Setelah terpilih empat pimpinan yang merupakan ketua tiap sub-wilayah, akan dilanjutkan dengan pemilihan ketua. “Kami akan mengupayakan musyawarah mufakat. Kalau tidak tercapai voting, pemungutan suara dari 136 anggota (DPD),” kata mantan politisi Partai Golkar itu.

Mahyudin mengatakan, dia dan ketiga kandidat lainnya akan berkompetisi. Proses pemilihan saat ini sedang berlangsung, sekaligus akan dilangsungkan pelantikan.Empat Pimpinan Periode 2019 – 2024.

Artikel ini tayang sebelumnya di laman VIVA dengan judul : 4 Pimpinan DPD RI Periode 2019-2024, Ada Sosok Beken