MADURAEXPOSE.COM, SUMENEP– Dipenghujung akhir tahun baik itu jelang hari natal yang mana hari besar umat Kristiani, dan jelang pergantian tahun yaitu tahun 2017 menuju tahun 2018.

Hal yang pasti tidak lepas dari kesiap siagaan yang perlu kita tingkatkan sebagai aparat kewilayahan terutama dari segi pengamanan guna mendukung berjalannya kegiatan dimasing-masing wilayah.

Kodim 0827 pada pagi ini ikut tergabung dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2017 di Lapangan Polres Sumenep Jl. Urip Sumoharjo No. 34, Desa Pabian, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep. Madura – Jawa Timur, Jum’at, (22/12/2017).

Dalam sambutan Kapolri yang dibacakan oleh AKBP Fadillah Zulkarnaen, SIK., SH. menyampikan bahwa operasi Lilin Semeru 2017 yang digelar mulai tanggal 22 Desember 2017 sampai dengan tanggal 2 Januari 2018, ini merupakan operasi kepolisian dalam rangka pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2018.

Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai sarana pengecekan akhir terhadap kesiapan personel pengamanan berikut kelengkapan sarana dan prasarana pendukungnya, serta keterpaduan unsur lintas sektoral dalam pengamanan.

Selain itu, dijabarkan pula beberapa kerawanan yang terjadi selama digelarnya operasi seperti potensi serangan teror, kemacetan lalu lintas, bencana alam, stabilitas sembako serta konflik terkait aksi sweeping oleh ormas.

Kapolri menekankan agar seluruh personel yang terlibat operasi untuk memetakan potensi kerawanan masing-masing wilayah serta meningkatkan kewaspadaan dalam mencegah aksi teror dan mencegah aksi sweeping.

“Lakukan pendekatan dengan elemen masyarakat guna mencegah terjadinya aksi sweeping” Terang AKBP Fadillah Zulkarnaen, SIK., SH. dihadapan peserta Apel.

Dilain pihak, untuk mewujudkan stabilitas harga pangan, Kapolri memerintahkan agar memaksimaklan peran satgas pangan dengan menggandeng instansi terkait serta memperkuat sinergitas polisional dengan seluruh stakeholders untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat.

Dandim 0827 Sumenep Letkol Inf. Budi Santosa S, Sos., yang diwakili Mayor Arm. Budi Susilo Wibowo, saat saya konfirmasi menyampikan juga bahwa kegiatan “Apel Gelar Operasi Lilin Semuru 2017” dimaksudkan untuk mengkoordinir dan menyiapkan segala kesiapan baik personil maupun sarana dan prasarana serta segala kelengkapan dalam pelaksanaan kegiatan Operasi Lilin Semeru nanti. Selaku Aparat Kewilayahan wajib selalu menjaga kesiapsiagaan dalam segala kondisi dan situasi, sehingga diharapkan dengan segala kesiagaan kita tidak terdadak apabila benar-benar terjadi perubahan situasi terutama pada saat pelaksanaan tersebut. “Terang Kasdim 0827”.

“Dengan terlibatnya dari semua unsur dari TNI, Polri, Satpol PP, dan dinas terkait dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru ini dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat khususnya masyarakat di Kabupaten Sumenep umumnya untuk seluruh warga negara Indonesia ,” Imbuhnya.

Apel Gelar Pasukan Oprasi Lilin 2017 tersebut dihadiri oleh Kapolres Sumenep, AKBP Fadillah Zulkarnain S.ik, SH Polres Sumenep., Kasdim 0827/Sumenep, Mayor Inf Budi Susilo Wibowo., Kepala Kejaksaan Negeri yang diwakili Sumenep
Harry Rahmat DM. SH., Kepala Bakesbangpol Kab. Sumenep Bapak Kafrawi, S. Sos, M.Si., Kepala Dinas Perhubungan Sumenep Drs. Ec Sustono, MM.

MADURA EXPOSE, MENGAWAL KEPASTIAN HUKUM

(sur/fer)