Kerokan Pakai Uang Logam, Aman Nggak Ya?

0
2285
Dikerokin saat masuk angin dapat menimbulkan ketagihan (Ist)

Maduraexpose.com-Bagi sebagian masyarak Madura, kerokan atau digosok dengan menggunakan uang logam plus minyak bukan hal baru lagi, bahkan sudah dijalani sejak ratusan tahun silam. Kerokan, oleh sebagian besar masyarakat Indonesia dianggap menyembuhkan atau paling tidak mengurangi gejala masuk angin.

“Kalu dikerokin yang sampe merah agak kehitam-hitaman Mas. Sakitnya minta ampun, tapi setelah dikerokin badan terasa lebih ringan dan masuk angin juga mendingan. Habis itu baru minum obat atau jamu”, ujar Rahmawati, warga Kota Pamekasan kepada Maduraexpose.com.

Kerokan, ternyata tak hanya menjadi tradisi bagi masyarakat Madura dan kota-kota lain di Indonesia, bahkan kebiasaan ini juga dilakukan oleh kalangan masyarakat luas dibelahan dunia seperti di Vietnam (dikenal dengan nama cao giodi),  orang  Kamboja menyebutnya dengan goh kyol, sedang di China ,kerokan dikenal dengan istilah gua sua.

Bedanya, kalau masyarakat Madura, kerokannya menggunakan uang logam, sedang orang China dengan batu giok.

Kendati kerokan sangat mujarab menyembuhkan masuk angin, pegel-pegel dan bahkan demam disertai flu, ada baiknya masyarakat Madura mempertimbangkan efek samping yang mungkin ditimbulkan dari kerokan yang dilakukan secara terus menerus.

Beberapa pendapat mengatakan, kerokan bisa mengakibatkan kontradiksi dini karena pada saat dikerok (orang Madura menyebutnya, e kerrek) menimbulkan infamasi. Saat terjadi inflamasi inilah, mediator anti menyebabkan keluarnya zat cytokines (ZC). Sedang fungsi dari ZC ini dipercaya para medis sebagai sel meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Ibu-ibu yang sedang hamil sangat dilarang melakukan kerokan karena disinyalir bisa menimbulkan kontraksi dini sebagai akibat dari munculnya zat Prostaglandin.

Kemungkinan lain, kerokan dapat memperlebar pori-pori kulit yang disebabkan gesekan kulit dengan benda yang digunaka saat kerokan. Rawan menyebabkan masuknya bakteri dan virus kedalam tubuh hingga tanpa sadar akan membuat tubuh ketagihan untuk terus menerus dikerokin saat tubuh terasa pegal ataupun masuk angin. Saran ini hanya sebuah refrensi kecil dan tak harus diikuti. Silahkan pembaca Maduraexpose.com memilih cara yang terbaik untuk kesehatan tubuh Anda.

Selamat hari raya  Idul Fitri 1436 H.

(Bbs/Fer)