Keabsahan Pimpinan Fraksi DPRD Sumenep Disoal

0
667

MaduraExpose.com- Suhu politik di internal DPRD Sumenep tampaknya semakin memanas. Setelah walk out saat pegelaran rapat paripurna penetapan keanggotaan alat kelengkapan dewan, kini fraksi demokrat mempertanyakan keabsahan pimpinan fraksi yang telah ditetapkan kemarin.

Sebab, penetapan pimpinan fraksi di DPRD Sumenep dinilai tidak sesuai dengan peraturan pemerintah (PP) no 16/2010 tentang pedoman penyusunan peraturan DPRD.

Sebagaimana yang damanhkan dalam PP no 16/2010, kewenangan pimpinan sementar ada tiga. Yakni menfasilitasi terbentuknya tata tertib (Tatib) DPRD, memfasilitasi terbentuknya fraksi dan memfasilitasi terbentuknya pimpinan definitif.

Sedangkan yang memiliki kewenangan untuk menetapkan pimpinan fraksi adalah pimpinan definitif, bukan pimpinan sementara. ”Sejauh pantaun kami selama ini pimpinan definitif tidak pernah melakukan paripurna tentang penetapan pimpinan fraksi tersebut,” kata ” kata wakil DPRD Sumenep Mohammad Hanafi.

Oleh sebab itu, persoalan itu harus disikapi dengan betul oleh anggota DPRD. Sebab, hal itu bisa berdampak pada produk hukum yang dihasilkan DPRD. ”Kalau memang penetapan pimpinan fraksi harus ditetapkan oleh pimpinan definitif, maka semua produk hukum yang dihasilkan selam aini bisa batal,” katanya.

Persoalan itu tidak hanya berdampak pada produk hukum yang telah dihasilkan seperti tatib. Jika tidak segera diluruskan, produk hukum yang akan dihasilkan termasuk badan legislatif (Baleg), badan kehormatan (BK) juga cacat hukum.

Bahkan, untuk mempertanyakan hal itu demokrat berencana untuk melakukan uji materi kepada pemerintah provinsi jawa timur (Jatim).

”Selain uji materi tentang keabsahan paripurna penetapan komisi, kami juga mengajukan uji materi tentang pimpinan fraksi,” kata Moh. Hanafi.

Sayangnya, Ketua DPRD Sumenep Heran Dali Kusuma masih belum bisa menjelaskan terkait tudingan tersebut. Bahkan, pihaknya menyuruh untuk menanyakan langsung terhadap Wakil DPRD Mohammad Hanafi.

”Saya tidak konsen masih. Tapi lebih baiknya sampean tanya langsung ke wakil ketua saja. Soalnya dia yang banyak tahu terhadap persolan itu. Karena dia yang berhubungan langsung mulai dari wakil ketua Difinitif,” katanya melalui sembungan teleponnya.

(Jun/Fer)