Kasdim Sumenep Hadiri Gebyar Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional

0
575

MADURAEXPOSE.COM– Kabupaten Sumenep menggencarkan kampanye Gerakan Masyarakat Makan Ikan dengan berbagai sarana sosialisasi yang akan menyasar sekolah mulai pendidikan anak usia dini, taman kanak-kanak, sekolah dasar hingga sekolah menengah atas di wilayah Kabupaten Sumenep.

“Upaya ini untuk mendukung tingkat konsumsi ikan masyarakat Sumenep yang tahun 2016 yang lalu mencapai 29,96 Kilogram Perkapita per tahun dan terget tahun 2017 ini 31,28 Kilogram Perkapita, ini berarti melampaui konsumsi ikan di Jawa Timur yang hanya 25 Kilogram per tahun,” kata Ketua Forikan Kabuapten Sumenep Ibu Nur Fitriana Busyro Karim, di Gedung Islamic Center Bindara Saod Selasa pagi.

Ibu Nur Fitriana Busyro Karim Ketua Forikan Kab. Sumenep mengatakan Kegiatan sosialisasi Gemarikan ini sengaja ditempatkan di Kecamatan Batuan untuk memeratakan gemar makan ikan kepada masyarakat, sehingga konsumsi ikan yang banyak tidak menumpuk di wilayah pesisir. Daerah kita memiliki kekuatan potensi laut yang luar biasa, hanya sayang masayarakat masih sedikit yang mengkonsumsi ikan. Padahal, makan ikan sangat baik bagi perkembangan intelegensi anak sehingga kegiatan Gemarikan sangat layak dilakukan khususnya di Sumenep, karena potensi laut sangat luar biasa, hal ini juga seiring dengan program pemerintahan yakni pemanfaatan kekayaan maritim.

Dalam sambutan Bupati sumenep DR. KH. A. Busyro Karim, M.Si sekaligus membuka acara mengatakan potensi laut Sumenep yang terdiri dari banyak pulau sangat luar biasa, sehingga banyak nelayan dari luar wilayah Sumenep, semisal Semarang dan sebagainya, datang dan menangkap ikan diperaiaran Sumenep.

Potensi yang kita dimiliki sangat perlu untuk dikelola dengan baik dan salah satunya dengan gemar makan ikan dan perlunya makan ikan seperti di Negara Jepang yang memiliki tingkat konsumsi 140 kilogram perkapita pertahun dan memiliki angka harapan hidup 80,25 tahun. Dan Indonesia memiliki tingkat harapan hidup baru mencapai 70,76 tahun, sedangkan di Jawa Timur tingkat konsumsi ikan terbanyak dari Sumenep, di tahun 2015 konsumsi ikan Sumenep mencapai 28.30 kilogram perkapita/ tahun dan pada tahun 2016 mencapai 29,96 kilogram perkapita/ tahun dan tahun ini ditarget 31.28 kilogram perkapita/ tahun dan ini berarti melampaui konsumsi ikan di Jawa Timur yang hanya 25 kilogram perkapita/ tahun.

Hadir dalam acara tersebut antara lain‎ DR. KH. A. Busyro Karim, M.Si Bupati Sumenep dan Ibu Nur Fitriana sekaligus Ketua Forikan, Achmad Fauzi Wabub Sumenep beserta istri, H. Herman Dali Kusuma, MH. Ketua DPRD Sumenep, Mayor Arm Budi Susilo Wibowo Kasdim 0827/Sumenep, AKP Edy Haryanto Kasad Binmas Polres Sumenep, AKP Widiarti Kapolsek Sumenep Kota, Forpimka Batuan, Camat Se kab.sumenep, Kepala OPD Pemkab Sumenep, Pengurus Forikan Jatim dan Tokoh masyarakat. (pur/fer)