Scroll untuk baca artikel
Radar PemkabSUMENEP EXPOSE

Kadinkes P2KB Sumenep Harapkan Perbup KTR Segera Diimplementasikan

Avatar photo
83
×

Kadinkes P2KB Sumenep Harapkan Perbup KTR Segera Diimplementasikan

Sebarkan artikel ini

Maduraexpose.com– Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Agus Mulyono berharap agar Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 111/2021 tentang Kawasan Tanpa Rokok untuk segera diimplementasikan.

Menurutnya, implementasi KTR di Kabupaten Sumenep selain merupakan amanah undang-undang juga berkaitan dengan makin meningkatnya penyakit tidak menular yang bisa dikaitkan dengan kebiasaan merokok.

“Asap rokok sudah diasosiasikan menjadi penyebab meningkatnya penyakit-penyakit yang tidak menular dan bisa memperparah kondisi pasien penyakit menular,” ungkapnya pada Pertemuan Tentang Penerapan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) yang diselenggarakan, di Aula Dinkes P2KB setempat, Jum’at (24/2/2023).

Agus menambahkan penyakit jantung dan pembuluh darah menempati urutan pertama sebagai penyebab kematian mendadak di Indonesia. Untuk itu, pihaknya segera mengeluarkan surat edaran sebagai tindak lanjut Perbup KTR yang sudah diterbitkan.

Dalam Perbup tentang KTR, setidaknya ada tujuh tempat (area) yang menjadi kawasan tanpa rokok.

Kawasan tersebut adalah fasilitas layanan kesehatan, tempat proses belajar mengajar, arena kegiatan anak, tempat ibadah, angkutan umum, tempat kerja, dan tempat umum.

Nantinya dalam kawasan tersebut, setiap orang dilarang untuk merokok, memproduksi, menjual, mengiklankan, dan atau mempromosikan rokok.

Hadir dalam kegiatan tersebut, narasumber dari akademisi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga (Unair) Surabaya yang sekaligus menjadi fasilitator dalam implementasi KTR di Kabupaten Sumenep.***

------------------------