Ini Dia Komsos Babinsa Saor Saibus

0
635

–Koramil Sapeken dengan Masyarakat Peternak Kambing–

MADURAEXPOSE.COM, SUMENEP– Minggu (10/9/2017) – Ilmu peternakan ini terlebih dalam konteks pertanian terpadu, merupakan bekal membina kewilayahan juga sebagai bekal berinteraksi dengan masyarakat desa yang mayoritas bertani dan beternak.

Bahkan yang diharapkan  seorang Babainsa dapat mendorong agar masyarakat  lebih maju dengan bekal Ilmu pengetahuan yang di berikannya.‎

“Mayoritas Babinsa juga tinggal dan hidup di desa, sehingga ilmu atau kemampuan Aparat Kewilayahan kali ini bisa digunakan dalam kapasitas sebagai pribadi. “Mereka juga ada yang punya kambing, sapi, ayam atau bebek walaupun kepemilikannya tidak banyak “.‎

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Saor Saibus Koramil 0827/19 Sapeken Serda Ainul Wafa  dengan Komunikasi Sosial (Komsos) menerapkan ilmu yang dimiliki sebagai aparat kewilayahan yang memberikan pembinaan secara langsung kepada masyarakat di desa binaanya tentang pembuatan kandang dan cara perawatan dalam beternak kambing.‎

Lebih lanjut, Ainul Wafa menjelaskan  seorang peternak kambing yang sukses mereka harus mempunyai kemampuan atau Ilmu berternak yang baik dan benar, sebab ‎pengalaman pribadinya  berternak tentu membuat dirinya paham betul mengurus kambing, awalnya dia bersama keluarga beternak kambing sebagai sampingan saja, namun setelah beberapa tahun kemudian merasa bosan dan jenuh,” katanya.

Akan tetapi dengan belajar dengan seorang yang ahli dan paham di bidang peternakan kambing  maka Ia terus menggeluti peternakan kambing, dari mulai pembuatan kandang dan pakan yang dibuat secara permentasi dia pelajari. Hingga kini bisa sukses dalam beternak kambing.

Dalam perawatan kambing – kambing juga harus  rutin divaksin paling tidak setiap empat bulan sekali agar kambing tahan terhadap serangan penyakit, berternak pun dapat menambah pendapatan keluarga sebab saat ini harga kambing sudah lumayan. Jelasnya.

‎Matsaleh (43) salah satu warga di Dusun Saor, Desa Saor Saibus Kecamatan Sapeken menjelaskan, merasa termotivasi dengan penjelasan dan pengalaman yang di berikan oleh Babinsa, maka ia bersama warga di Dusun ini akan menerapkan semua yang di berikan oleh Bapak Babinsa  sehingga dapat bermanfaat dan bisa meningkatkan penghasilan keluarga.” Tutur Matsaleh.‎ (Pur/Fer)

HotNews:  PBNU Minta Pemerintah Tutup Akun dan Media Online Kelompok Wahabi