Ini dia 4 Bakal Cabup Terkuat dari PDI Perjuangan

0
1695
ist

MaduraExpose.com- Empat nama kandidat bupati bersaing ketat dalam Musyawarah Kerja Cabang Khusus PDI Perjuangan Kabupaten Jember yang bertujuan menjaring bakal calon bupati 2015, di Hotel Bandung Permai.

Empat nama ini diusulkan perwakilan 31 Pengurus Anak Cabang (PAC) PDIP untuk diajukan ke Dewan Pimpinan Pusat PDIP. Mereka adalah Kusen Andalas (Wakil Bupati Jember 2010-2015 dan Ketua DPC PDIP Jember), Sugiarto (Sekretaris Kabupaten Jember), M. Arifin (Rektor IKIP Jember), dan Hariyanto (mantan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jember).

Empat nama ini menyisihkan kandidat lain yakni Sulisno (pengusaha), Bagong Sutrisnadi (Wakil Bupati Jember 2000-2005),  Abdul Kholiq Ashari (dosen FISIP Universitas Jember), dan Dwi Setyo Nusantara (mantan Camat Mumbulsari).

Sekretaris Panitia Penjaringan Bakal Cabup PDIP Lukman Winarno mengatakan, sebenarnya perwakilan PAC bebas memilih nama calon, termasuk di luar delapan nama yang masuk bursa resmi pencalonan. “Tapi ternyata tak ada nama baru,” katanya.

Panitia tak menyebutkann adanya peringkat jumlah dukungan PAC terhadap kandidat. “Dalam mekanisme penjaringan ini tidak ada rangking,” kata Lukman. Namun Kusen paling banyak mendapat dukungan.

Panitia tidak berhak menyaring nama yang berhak dicalonkan. Pemilik suara dukungan terbanyak belum tentu bakal direkomendasikan DPP PDIP untuk menjadi kandidat bupati. DPP nantinya sebelum merekom akan menelusuri rekam jejak kandidat, termasuk memantau survei unruk mengetahui elektabilitas dan popularitas calon.

[wir/kun/bjt]